Ketua TP-PKK Provinsi Jambi yang merupakan Bunda Paud Provinsi Jambi Hj Hesnidar Haris  menegaskan, Pendidikan Anak Usia Dini merupakan Pondasi masa depan anak, pada masa dini akan terjadi masa intelektual pada anak.

Hal itu disampaikan Hesnidar pada Rapat Koordinasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi Tahun 2021, bertempat di Kota Jambi , Selasa.

Adapun Tema Rapat Koordinasi Bunda Paud Kali ini " Bunda Paud Provinsi Jambi Bergerak bersama Pemerintah, Orang Tua dan Elemen Masyarakat Mewujudkan Paud Berkualitas di Provinsi Jambi untuk Generasi yang Berkualitas Menuju Jambi MANTAP 2024."

" Berbicara tentang pentingnya Paud, pasti sudah kita pahami bersama, karena berbagai hasil penelitian para ahli sudah menegaskan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pondasi masa depan anak, bahkan dikatakan bahwa pada masa usia dini akan terjadi perkembangan intelektual anak mencapai 60 persen pada usia 0 s/d 6 tahun dan akan mencapai 80 persen hingga usia 8 tahun dengan catatan bila sianak mendapatlkan stimulasi yang holistik Integraktif," katanya.

Hj. Hesti juga menjelaskan, sebagai orang tua, dalam menyikapi pesatnya perkembangan dunia digita saat ini , yang dapat berpotensi buruk bagi perkembangan sianak.

"Saat ini era digital berkembang begitu cepat dapat berpotensi terjadinya Learning Loss hilangnya kesempatan belajar karena terlalu lama anak anak libur/vakum terlalu banyak anak asik bermain HP, disini termasuk anak Paud. Disini kita menggajak orang tua untuk menghadirkan layanan Paud dalam keluarga," paparnya.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa anak yang diasuh dengan nenek menghadapi tantangan yang sangat berbeda dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal bersama orangtua.

"Anak-anak yang diasuh dengan nenek cenderung memiliki masalah perilaku agak berbeda, karena mendapat kasih sayang berlebih dari nenek, sebaiknya lebih baik sama orang tuanya sendiri," katanya menambahkan.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021