Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi fokuskan pengembangan aneka potensi kerajinan berbasis kebudayaan dan kearifan lokal dengan memberikan pembinaan hingga ke pelosok desa di daerah itu.

"Bahan baku kerajinan banyak ditemui di daerah dan pelosok desa. Kami membina tak hanya di tingkat kabupaten/kota tapi sampai ke tingkat desa," kata Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj Hesnidar Haris di Jambi, Rabu.

Pihaknya akan menggandeng para perajin di daerah sesuai dengan program pembinaan perajin dan pelaku UMKM Pemprov Jambi.  Di sisi lain juga akan ada bantuan dengan kriteria tertentu yang merupakan bagian dari pembinaan perajin.

Menurut Ny Hesnidar Dekranasda Provinsi Jambi akan terus berupaya menggiatkan kerajinan di Provinsi Jambi. Tak hanya memenuhi pasar lokal saja tetapi ia berharap berharap bisa sampai ekspor ke luar negeri.

Sementara itu Gubernur Jambi Dr H Al Haris mengatakan bahwa semangat Dekranasda adalah semangat membangun kebudayaan lokal.

"Semangat Dekranasda ini adalah semangat membangun, yang mana lebih mengedepankan kearifan lokal," kata gubernur.

Pada kesempatan itu, ia berharap berharap Dekranasda Provinsi Jambi dapat menjadi wadah untuk terus mengembangkan potensi kebudayaan lokal khas Jambi.

"Jambi ini memiliki banyak bahan baku yang bisa dijadikan bahan kerajinan, kita masih memiliki anyaman dan bahan baku non plastik lainnya, saya juga berharap Dekranasda di tingkat Kabupaten/ Kota untuk terus mengembangkan potensi yang ada, sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai guna," lanjutnya.

Potensi dan ruang bagi kerajinan sangat terbuka lebar, mengingat di pusat memiliki Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan di daerah memiliki Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

"Tentunya ini merupakan sebuah potensi yang memiliki ruang yang terbuka lebar, supaya kerajinan seperti oleh-oleh, pernak pernik, dapat diangkat dan diperkenalkan ke publik, dan Jambi saya rasa memiliki potensi yang cukup untuk itu semua," kata Gubernur Haris.

Dekranasda Jambi di bawah kepemimpinan Hj Hesnidar Haris dilantik secara resmi oleh Ketua Dekranas Pusat Hj Wury Ma'ruf Amin secara virtual , Selasa , bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021