Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi pada tahun 2021 ini merayakan hari Jadi daerah itu yang ke 73 tahun dengan mengangkat tema "Sinergi melayani mewujudkan Batanghari Tangguh", Kamis.

Peringatan hari jadi Kabupaten Batanghari tersebut di rangkai dalam sejumlah kegiatan yang dimulai dari tanggal 1 Desember hingga 26 Desember 2021. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Batanghari tersebut meliputi kegiatan seminar, olahraga, pendidikan hingga pertunjukan kesenian daerah. 

"Karena masih berada di masa pandemi COVID-19, seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batanghari Amir Hamzah di Batanghari. 

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Batanghari ke 73 tahun tersebut diantaranya kegiatan seminar sehari pelaku usaha tanpa riba yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Batanghari pada tanggal 2 Desember 2021. Seminar tersebut di harapkan dapat memberikan edukasi kepada pelaku usaha di Batanghari untuk menjalankan usaha tanpa takut terkena riba. 

Kegiatan peresmian komunitas penggiat baca buku dan karya tulis dan peresmian perpustakaan OSIS Ceria, sekolah berpasword dan lapangan pentaque SMP N 21 Batanghari yang dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2021. 

Selain itu sejumlah kegiatan olahraga turut meramaikan peringatan HUT Kabupaten Batanghari tersebut. Diantaranya turnamen futsal se-Sumatera memperebutkan piala Bupati. Turnamen futsal tersebut di bagi dalam beberapa kategori, diantaranya futsal putri, futsal putra U-21 dan futsal antar instansi BUMN dan BUMS yang di selenggarakan dari tanggal 1-8 Desember 2021 di Bulian Sport Center. 

Festival Olahraga Tradisional terompah, hadang dan engrang. Kejurda Pentaque Batanghari, Lomba Game On line E-Sport, Trail Adventure dan senam aerobik yang mulai dilaksanakan dari tanggal 1 Desember 2021. 

Selanjutnya kegiatan budaya dan kesenian daerah yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Batanghari tersebut yakni Pemilihan Bujang Gadis Batanghari tahun 2021, pertunjukan kesenian kuda lumping, Lomba perahu antar OPD Kabupaten Batanghari dan Pameran gena lapak ekonomi kreatif. 

Serta lomba burung berkicau yang di persembahkan untuk penghobi burung berkicau di Kabupaten Batanghari. 

Peringatan HUT Kabupaten Batanghari tersebut turut di harapkan memberikan dampak positif terhadap sosial ekonomi masyarakat. Mengingat pandemi COVID-19 yang terjadi sangat berdampak terhadap aktifitas sosial ekonomi masyarakat di Kabupaten Batanghari dalam dua tahun terakhir. 

"Seluruh rangkaian kegiatan tidak hanya dilaksanakan untuk kesenangan semata, namun ada edukasi yang di berikan terutama memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa dengan kegiatan tersebut Kabupaten Batanghari dari pandemi COVID-19 menuju endemi COVID-19," kata Amir Hamzah. 

Selain itu peringatan HUT ke 73 Kabupaten Batanghari tersebut juga bertujuan untuk membiasakan masyarakat di daerah itu menjalankan tatanan kehidupan new normal atau normal baru dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Sebab endemi COVID-19 tidak dapat terwujud jika masyarakat masih tidak mengindahkan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021