Kudapan roti jala menjadi salah satu icKn yang dimiliki oleh Kecamatan Paal Merah Kota Jambi. 
 
Ketua PKK Paal Merah, Emi Agustiawati dalam kegiatan festival  kuliner  Kota Jambi 2021 di Danau Sipin,  (27/11) mengatakan, roti jala inovasi ikan Paal Merah ini merupakan produksi UMKM binaan PKK Paal Merah Kota Jambi. 
 
"Awalnya Dinas Pariwisata mengadakan lomba inovasi roti Jalo dan inovasi olahan ikan, sehingga kami cari nama yang familiar sehingga kami namai Roti Jalo Inovasi Ikan Paal Merah Jajanan dan Kuliner atau 'Rojali Pamer Jandaku',"katanya.
 
Roti Jala hasil inovasi PKK Paal Merah melalui UMKM binaannya ini hadir dengan warna-warna yang menarik,yakni merah, hijau, kuning dan biru. Warna Merah berasal dari sari buah naga, warna hijau berasal dari pandan atau bayam, warna kuning berasal dari kuning atau wortel dan warna biru berasal dari bunga telang. 
 
"Kami menggunakan pewarna alam, sehingga lebih aman,"katanya.
 
Sesuai namanya, roti jalo berbentuk seperti jala , roti ini dinikmati bersama dengan kuah biasanya disajikan dengan kuah kari. Rere salah satu pelaku usaha binaan PKK Paal Merah Kota Jambi mengatakan, saat ini sudah dilakukan inovasi dengan menambah varian roti jala selain berkuah kari yakni kuah original dan kuah inovasi ikan lele.
 
"Kalau original rasanya manis, kuah inovasi ikan rasanya gurih, biasanya roti jalo dimakan dengan kuah kari,"ujar Rere.
 
Roti jala sendiri dibanderol dengan harga Rp 15 ribu per porsi dengan isi sebanyak 5 roti jala.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021