Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi (Unja)  berhasil melakukan  kolaborasi dengan masyarakat adat berupa pendokumentasian buku kumpulan "syair seroat" yang berasal dari Kedepatian Semerap di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Selain melakukan pendokumentasian, tim yang terdiri dari akademisi Unja yakni  Akbar Kurnia Putra,  Bernard Sipahutar, Budi Ardianto serta Ramlan juga mencoba untuk mendaftarkan hak cipta atas buku kumpulan karya syair seroat tersebut kepada Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Sentra HKI Pinang Masak LPPM Universitas Jambi.

“Seroat sendiri merupakan karya fundamental yang diciptakan oleh H Ilyas (alm) sebagai media pembelajaran tentang akidah, iman, serta sifat-sifat Allah SWT dengan bahasa lokal sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat tradisional dan tentu diiringi dengan nada-nada seperti sebuah lagu,” kata Akbar dalam keterangannya di Jambi, Sabtu..

Karya ini diciptakan sekitar Tahun 1950-an, yang tidak dapat dipastikan waktunya karena berkembang seiring dengan zaman. Biasanya karya ini ditulis tangan oleh H Ilyas  dalam bentuk tulisan arab melayu serta tulisan latin. Syair-syair ini kemudian dibacakan dengan irama khusus yang dipelajari secara turun temurun oleh masyarakat khususnya kalangan wanita pada pengajian-pengajian. Syair-syair tersebut dipelajari secara tutur dan tidak terdokumentasi dengan baik.

Tim mencoba membuat permohonan pendaftaran ciptaan dokumentasi berupa buku kumpulan syair tersebut ke Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual,  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

“Saat ini dalam proses pendaftaran. Yang didaftarkan adalah dokumentasi bukunya, bukan isinya. Karena isi sepenuhnya milik H Ilyas. Tujuan didaftarkan agar karya tersebut terlindungi dan terjaga kelestariannya. Apabila disetujui pendaftarannya, maka hak cipta tersebut akan dialihkan sepenuhnya kepada LPPM Universitas Jambi,” tambahnya.

Proses pembuatan dokumentasi buku kumpulan ini juga melibatkan tim ahli dari Prodi Ilmu Budaya khususnya pada Bidang Sastra Arab yang bertugas memastikan keaslian naskah, penulisan aksara dan pemaknaan dengan baik dan benar.

“Dokumentasi buku kumpulan syair seroat ini juga sudah kita serahkan kepada perwakilan keluarga, yaitu Bapak Dony Yusra, yang saat ini menjabat sebagai  Ketua Pusat Studi Hukum dan Pembangunan LPPM Universitas Jambi,” katanya menambahkan.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021