Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief pada pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) ke 14 tahun 2021 menerima anugerah Ketua Pengakap Negeri Sabah, Malaysia. 

"Anugerah ini merupakan bonus, yang terpenting bagaimana kegiatan pramuka menjadi pembelajaran dan bermanfaat bagi masyarakat," kata M Fadhil Arief di Jambi, Sabtu. 

Persatuan pengakap Malaysia Cawangan Sabah adalah organisasi pemuda terbesar di Malaysia dan merupakan anggota Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (WOSM). Penghargaan tersebut diberikan karena persatuan pengakap menganggap bahwa M Fadhil Arief berhasil dalam membina Pramuka di Kabupaten Batanghari sehingga banyak meraih prestasi. 

Sementara itu dalam pelaksanaan PWN ke 14 di Provinsi Jambi lima desa di Kabupaten Batanghari dijadikan sebagai lokasi di luar perkemahan utama atau Subcamp. 

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias menyambut peserta PWN, harapannya kegiatan PWN dapat bermanfaat untuk pembangunan di desa," kata M Fadhil Arief. 

Selain itu diharapkan program PWN tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di desa meski kegiatan PWN telah usai dilaksanakan. 

Kegiatan PWN ke 14 tahun 2021 tersebut dilaksanakan dalam dua kegiatan, yakni kegiatan fisik dan non fisik. Dengan dua program kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pembangunan di desa secara berkelanjutan. 

Adapun kegiatan fisik yang dilakukan yakni renovasi rumah tidak layak huni, pembangunan masjid, pembuatan tugu dan kegiatan bakti perbaikan sarana dan prasarana di masing-masing desa. Kemudian kegiatan yang non fisik berupa kegiatan vaksinasi, sosialisasi stunting, bantuan keluarga pra sejahtera, pengembangan BUMDesa, digitalisasi desa, optimalisasi ekonomi kreatif dan UMK berbasis produk unggulan lokal. 

Kemudian kegiatan sosialisasi peran serta masyarakat desa dalam pengembangan iklim, pengenalan energi terbarukan, optimalisasi peran masyarakat dalam program kesehatan masyarakat dan pengembangan desa wisata.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021