Ketinggian permukaan air sungai Batanghari pada sepekan terakhir dimusim hujan ini terus menunjukkan peningkatan diatas ketinggian normal dan berada pada level siaga tiga dengan ketinggian air 13 meter 83 centimeter.

Syahrudin petugas jaga pemantau ketinggian air Sungai Batanghari di Pos Duga Air Otomatis, Tanggorajo Kota Jambi, Selasa, membenarkan dalam sepekan terakhir ini ketinggian terus meningkat.

Dirinya mengatakan, ketinggian permukaan air saat ini mencapai 13,83 meter naik dibanding permukaan air sehari sebelumnya mencapai 12 meter lebih.

"Permukaan air saat ini mendekati statusnya siaga tiga," katanya.

Dijelaskannya, untuk kenaikan permukaan air sendiri agak lama karena, permukaan air laut pasangnnya tidak terlalu kuat, apabila air laut pasang tinggi kemungkinan permukaan air Batanghari cepat naik.

"Kemungkinan permukaan air Sungai Batanghari bakal naik lagi, melibihi dari pada yang kemarin dan hari ini dan air ini kiriman dari ulu," kata Syaharudin.

Untuk status siaga tiga ini, sudah ada beberapa daerah di Kota Jambi yang mulai terendam banjir, seperti di daerah Kampung Baru, Sijenjang dan lainnya.

Kemarin permukaan airnya diatas 12 meter, kadang permukaan air naik setinggi 15 centimeter, kadang 20 centimeter.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021