Pemerintah Kabupaten Merangin melaunching aplikasi 'Sapo Merangin' atau sistem absensi pegawai online Merangin, Senin (27/12) yang ditandai dengan pembukaan selubung logo aplikasi Sapo Merangin oleh Sekda Fajarman, didampingi Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Ferdi Firdaus dan pejabat lainnya.
 
Sekda Merangin, Fajarman mengatakan, Sapo Merangin adalah aplikasi absen online yang dikeluarkan BKPSDM Merangin didukung sepenuhnya oleh Dinas Kominfo Merangin yang berbasis android, untuk seluruh ASN Merangin.
 
‘’Sistem absensi ini akan lebih akuntabel, cepat dan akurat,’’ujar Sekda.
 
Sapo Merangin lanjut Sekda, nantinya akan menggantikan absensi konvensional lama (fingerprint dan absensi manual) yang bertujuan untuk mengatasi berbagai kecurangan yang sebelumnya pernah ada dalam masalah kehadiran ASN.
 
Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM),Ferdi Firdaus menambahkan, perekaman absensi Sapo Merangin menggunakan smartphone atau handphone android, yang pelaksanaannya memakai sistem titik koordinat kantor yang dibatasi oleh radius dan perekaman wajah pegawai.
 
‘’Karena sistem absensi ini akan lebih akuntabel, cepat dan akurat, sehingga dapat mempermudah ASN dalam melaksanakan absensi masuk dan pulang kantor,’’terang Ferdi .
 
Tidak hanya itu tegas Ferdi, Sapo Merangin juga mempermudah pimpinan dalam mengambil keputusan dan kebijakan, sebagai implementasi dari terbitnya peraturan Pemerintah nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021