Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN-STS) Jambi  meluluskan 1.083 mahasiswa  pada wisuda sarjana ke-62, magister ke-34 dan Doktor ke-11 dan Dies Natalies ke-54 pada Rabu (29/12). 

Momen itu juga merupakan wisuda  kali pertama sejak pandemi COVID-19 yang pelaksanaan wisuda dilakukan secara tatap muka oleh seluruh wisudawan.

Rektor UIN STS Jambi, Prof Su'aidi mengatakan,  ini merupakan momentum bagi wisudawan dalam memulai langkah baru ke depannya dengan skill yang dimiliki.

"Kami optimis akan memberikan saham dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Jumlah tersebut juga sangat besar memberikan pengaruh untuk menjadi lokomotif perubahan sosial di Jambi khususnya dan Indonesia umumnya," jelas Rektor.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama, Pemerintah Pusat dan Daerah,seluruh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan serta orang tua mahasiswa yang telah berperan aktif dan memberikan sumbangsih baik pikiran, moral dan materil dalam mengembangkan potensi peserta didik sehingga siap guna dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama di era revolusi industry 4.0, society 5.0 dan post new normal.

“Berbagai prestasi-prestasi yang sudah diraih UIN STS Jambi hingga saat ini, diantaranya rangking dunia UI GreenMetric tahun kedua dengan sertifikat sebagai 316 (melompat tinggi dari 485 tahun 2020) The World's Most Sustainable University, ranking ke-34 (dari rangking 40 nasional) dan rangking ketiga dari seluruh PTKIN se-indonesia dan ranking versi Webometrics dimana ranking UIN STS Jambi meningkat 373,7 persen dari 425 ke 114 melompati 7521 perguruan tinggi dunia dan 311 perguruan tinggi di Indonesia,” jelas Rektor UIN STS Jambi.

Adapun jumlah 1.083 wisudawan yang mengikuti wisuda ini, terdiri dari 11 orang Program Doktor, 89 orang Program Magister, 212 orang Sarjana Fakultas Syariah, 109 orang Sarjana Fakultas Adab  dan Humaniora, 90 orang Sarjana Fakultas Dakwah, 338 orang Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 40 orang Sarjanan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, 194 orang Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Jumlah tersebut  terdiri dari 386 (35,6 persen ) laki-laki dan 697 (64,4 persen) perempuan.  Angka tersebut menunjukkan UIN STS Jambi  telah berhasil mewujudkan target SDGs yang 5 yakni Gender Equality.

Wisuda kali ini dihadiri Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas secara virtual, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani Dewan Kehormatan UIN STS Jambi, Dr.Rahmat Shah, Ketua Senat UIN STS Jambi, Prof. Adrianus Chatib.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021