Menutup tahun 2021 Kementerian Pertanian mengadakan Gebyar Ekspor di 34 titik se Indonesia termasuk Provinsi Jambi kegiatan  ini berupa pelepasan ekspor berbagai komoditas pertanian secara serentak sedangkan  gebyar ekspor Provinsi Jambi dilaksanakan di Pelabuhan Sungai Talang Duku, Jumat (31/12).
 
Gubernur Jambi melakukan pelepasan komoditas pertanian ke 12 negara senilai Rp202,6 Milyar. Negara-negara yang menjadi  tujuan ekspor kali ini antara lain Bangladesh, Cina, India, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Rusia, Singapura, Thailand, Taiwan dan Vietnam. Terdapat 10 komoditas pertanian yang diekspor yaitu gambir, karet olahan, kayu karet, kayu olahan, pinang biji, kelapa bulat, kopra, kopi, kulit manis dan cangkang sawit. 
 
 "Kegiatan gebyar ekspor merupakan gagasan Kementerian Pertanian sebagai wujud penghargaan atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas serta dedikasi tinggi seluruh pemangku kepentingan pembangunan pertanian di pusat maupun daerah dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19," ujar  Gubernur Jambi Al Haris
 
 Selain itu, Gubernur Provinsi Jambi mengajak kepada seluruh Pemerintah Daerah serta seluruh Stakeholder di Jambi untuk terus bersinergi demi mendorong ekosistem ekspor yang lebih baik. 
 
Kapolda Jambi, Irjen Pol Rachmad Wibowo, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kali ini melibatkan Kepolisian selaku bagian dari pengamanan dan pengawalan kegiatan ekspor. 
 
"Selama ini  Kepolisian Republik Indonesia telah bekerjasama dengan pihak Kementerian Pertanian, terutama Badan Karantina Pertanian dalam mencegah terjadinya pelanggaran terhadap tindakan perkarantinaan. Namun kali ini, kami akan ikut berkontribusi dalam menjamin keamanan kegiatan ekspor. Semoga kerjasama ini terus terjalin kedepan," ujar Rachmad Wibowo.
 
Berdasarkan data IQFAST, volume ekspor yang dilalulintaskan melalui Provinsi Jambi dari Januari hingga November 2021 mencapai 1.423.478 ton atau meningkat 52,32 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020 sebesar 934.494 ton. Peningkatan volume ini diikuti dengan nilai ekspor Provinsi Jambi sebesar 67,73 persen dari Rp3,517 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp5,899 triliun pada tahun 2021.
 
Kepala Karantina Pertanian Jambi, Turhadi Noerachman sangat berterima kasih kepada seluruh mitra Karantina Pertanian Jambi dalam mendukung pencapaian ekspor di Provinsi Jambi. 
 
"Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Jambi akan terus bersinergi dengan semua pihak dalam peningkatan eskpor di Provinsi Jambi," ujar Turhadi.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021