Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi dilakukan secara terintegrasi dan  "by sistem" yang dapat dipantau langsung oleh pemerintah pusat. 

"Vaksinasi COVID-19 terintegrasi dari pemerintah pusat hingga ke daerah dan semua tercatat oleh sistem berapa vaksin yang digunakan dalam satu hari dan berapa jumlah vaksin yang tersisa," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari  Elvie Yennie di Jambi, Senin.

Pemerintah Kabupaten Batanghari terus melakukan percepatan vaksinasi. Hingga 31 Desember 2021 capaian vaksinasi COVID-19 daerah itu mencapai 72 persen. 

Dan distribusi vaksinasi COVID-19 tersebut dilakukan secara terintegrasi dari Pemerintah Pusat hingga pemerintah daerah melalui Pemerintah Provinsi Jambi. Dimana jumlah vaksinasi dari masing-masing daerah telah di tentukan oleh pemerintah pusat. 

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dalam setiap harinya di laporkan ke Pemerintah Pusat yang di laporkan melalui aplikasi, sehingga dalam setiap harinya berapa jumlah vaksinasi yang di pakai dan berapa jumlah vaksinasi yang tersedia dapat di pantau oleh Pemerintah Pusat," kata Dokter Elvie.

Jika vaksinasi sudah terpakai 90 persen, maka Pemerintah Pusat akan melakukan distribusi vaksin ke Pemerintah Daerah. Sehingga stok vaksinasi di daerah selalu tersedia dan percepatan vaksinasi COVID-19 dapat dilakukan dengan lebih baik. 

Dokter Elvie menjelaskan untuk vaksinasi dosis ke tiga atau booster belum dilakukan kepada masyarakat umum. Sehingga masyarakat di imbau untuk tidak percaya terhadap lembaga lain di luar lembaga kesehatan dari Pemerintah yang menawarkan vaksinasi dosis ke tiga. Karena vaksinasi dosis ke tiga tersebut baru di peruntukan untuk tenaga kesehatan.

"Kita juga menghimbau agar masyarakat melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan milik pemerintah dan dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan daerah setempat," kata  Elvie.

Sementara itu dari sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, baru Kota Jambi dan Kabupaten Tebo yang melaksanakan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun karena daerah tersebut telah memenuhi syarat untuk melakukan vaksinasi terhadap anak-anak.

Dimana syarat untuk melakukan vaksinasi terhadap anak-anak usia 6-11 tahun yakni capaian vaksinasi berada di atas 70 persen dan capaian vaksinasi terhadap golongan lanjut usia (Lansia) berada di atas 60 persen.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022