Pemerintah Provinsi Jambi menyelenggarakan pameran dan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di daerah itu, Kamis. 

Pameran dan bazar UMKM tersebut dilaksanakan di lapangan dan pelataran Kantor Gubernur Jambi di Telanaipura Kota Jambi yang dilaksanakan 6-9 Januari 2022. 

"Pameran ini memamerkan produk-produk kreativitas, makanan khas, pakaian tradisional dari kabupaten dan kota binaan BUMD dan BUMN, serta para produsen UMKM," kata Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani. 

Pameran dan bazar UMKM tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke 65 Provinsi Jambi tahun 2022 yang bertujuan untuk mensosialisasikan program-program kegiatan pembangunan daerah.

Wagub menjelaskan penyelenggaraan pameran tersebut penting dilaksanakan karena sentra kerajinan dan UMKM sebagai basis ekonomi kerakyatan serta ekonomi kreatif harus terus dikembangkan. 

Semangat berkarya dan berkreasi perlu difasilitasi dan diberikan kemudahan dengan memberikan kesempatan kepada para perajin serta produsen usaha kecil menengah untuk memamerkan karya dan hasil produk-nya. Pameran hasil kreativitas para perajin juga dapat membuat produksi kerajinan semakin di kenal, tidak saja di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. 

Menurut Sani industri kerajinan sebagai bentuk perpaduan antara keterampilan tangan dengan nilai-nilai seni dan keindahan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari kebudayaan Indonesia. Selama ini para perajin terus menggali, mengembangkan, dan melestarikan warisan budaya dalam berbagai corak dan ciri khasnya masing-masing.

"Keragaman industri kerajinan di Provinsi Jambi sangat potensial untuk lebih ditingkatkan menjadi komoditas perdagangan yang memiliki daya saing lebih tinggi lagi. Produksi kerajinan Jambi sangat unggul, tidak kalah dibandingkan dengan produksi kerajinan dari Provinsi lainnya," katanya. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Agus Sunaryo mengatakan pameran tersebut merupakan sarana dan prasarana bagi Pemerintah Kabupaten dan Kota, BUMN dan BUMD untuk memfasilitasi UMKM bidang usaha kreatif barang dan jasa dalam memproduksi produk terbaiknya. 

"Pameran ini juga merupakan rangkaian kegiatan HUT ke 65 Provinsi Jambi, harapannya dapat memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM dan perajin berinteraksi langsung dengan pengunjung dalam melakukan promosi mengingat selama pandemi COVID-19 hal tersebut cukup sulit dilakukan," kata Agus Sunaryo. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022