Desa Renah Kayu Embun merupakan desa yang memiliki potensi wisata yang sangat tinggi, namun belum dikemas dan dipromosikan secara maksimal.

Hal ini melatarbelakangi tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi yang diketuai oleh  Nehru, S.Si, MT dan anggota Cicyn Rianto, M.Pd, dan Neneng Lestari, S.Pd, M.Pd, bekerjasama dengan Cakap Kreatif melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui program inovasi wira desa di desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh.

Dikutip dari laman resmi Unja, Desa Renah Kayu Embun merupakan sebuah desa wisata di Sungai Penuh, Jambi. Desa ini memiliki tipologi kawasan berbentuk perbukitan, dan perkebunan.

Selain itu juga terdapat sungai yang mengaliri desa ini. Daya tarik utama dari desa ini yaitu panorama gunung raya dan perbukitan yang mengelilingi desa.

Terdapat dua wisata yang ada di desa ini, yaitu Aura Taman Bunga dan Oemah Kayu Embun. Promosi dan sosialisasi untuk kedua tempat wisata tersebut belum optimal, sehingga menyebabkan kurangnya informasi masyarakat luas mengenai wisata Aura Taman Bunga dan Oemah Kayu Embun.

Hal ini terlihat dari sebagian besar pengunjung berasal dari wilayah Sungai Penuh dan sekitarnya. Selain itu, di desa Renang Kayu Embun juga terdapat UMKM yang bergerak di bidang produksi oleh-oleh khas Kerinci, seperti kopi dan kayu manis.

Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini yaitu belum adanya pengembangan produk seperti branding, packaging dan ilmu-ilmu pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan bisnis.

Atas dasar hal tersebut, maka pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan mengambil topik “Promosi Ekowisata dan Pengembangan Produk Hasil Pertanian Lokal Menggunakan Konsep Branding Dalam Upaya Pemajuan Wirausaha Desa”.

Dalam hal ini tim pengabdian masyarakat melakukan pemetaan dan story line. Hal ini bertujuan untuk pembuatan video promosi wisata Aura Taman Bunga dan Oemah Kayu Embun.

Selain itu tim pengabdian masyarakat juga melakukan serangkaian kegiatan pelatihan guna memberikan edukasi tentang inovasi apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pada produk agar konsumen bertambah.

Salah satu output dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya strategi pengembangan potensi dan promosi ekowisata di desa Renah Kayu Embun dengan memanfaatkan video promosi wisata.

Video ini tidak hanya berguna sebagai media untuk memperkenalkan ekowisata yang terdapat di desa Renah Kayu Embun kepada masyarakat luas, namun juga diharapakan dapat mendongkrak penghasilan warga.

Dengan melakukan inovasi terhadap kemasan, diharapkan dapat membantu mendorong pemasaran. Hal ini dikarenakan dengan adanya inovasi masyarakat luas dapat mengetahui produk oleh-oleh khas Renah Kayu Embung, Sungai Penuh.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022