Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi menyatakan curah hujan di wilayah Provinsi Jambi selama bulan Januari dalam kategori tinggi hingga sangat tinggi.

"Bulan Januari masih dalam periode musim penghujan, hujan dengan kategori tinggi yakni 300-500 mm per bulan hingga kategori sangat tinggi yakni di atas 500 mm per bulan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi Annisa Fauziah di Jambi, Rabu.

Hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi tersebut berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Bungo, Merangin dan Kabupaten Sarolangun. Selanjutnya di sebagian kecil wilayah Kabupaten Tebo dan Kabupaten Batanghari.

Masyarakat di imbau untuk meningkatkan kewaspadaan, karena tingginya curah hujan tersebut berpotensi menyebabkan banjir dan longsor.

Hujan deras tersebut juga berpotensi disertai dengan petir dan angin kencang. Sehingga bagi warga yang tengah berkendara untuk meningkatkan kewaspadaan karena berkurangnya jarak pandang. Serta waspada terhadap pohon yang kerap rubuh saat terjadi hujan yang disertai dengan angin kencang.

Dimana hujan diperkirakan terjadi pada sore menjelang malam, dan pada malam hari menjelang dini hari.

"Warga di imbau untuk waspada terhadap dampak yang di timbulkan, karena berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor," kata Annisa Fauziah.

Begitu pula dengan ketinggian gelombang di perairan timur Jambi yang berkisar antara 0,5 meter hingga 2,5 meter, atau dalam kategori rendah hingga sedang.

Maka dari itu BMKG menghimbau agar nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya kapal nelayan. Selain itu masyarakat yang berada di pesisir perairan Timur Jambi turut di imbau untuk mewaspadai akan terjadi banjir pesisir, mengingat potensi banjir pesisir bisa terjadi di wilayah perairan Timur Jambi.

"Perlu diwaspadai gelombang tinggi di wilayah perairan Timur Jambi pada Januari ini," kata Annisa Fauziah.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022