Wakil Walikota Jambi  meninjau langsung pembangunan terminal Rawasari yang secara fisik pembangunan terminal ini sudah  selesai.

"Tinggal  proses pembersihan," ujar Wakil Walikota Jambi, Dr Maulana, Selasa (18/1).

Maulana mengatakan, ke  depannya terminal Rawasari ini harus mempunyai peran dan fungsi dalam dua hal, pertama berkaitan dengan penertiban dan revitalisasi dari terminal itu sendiri. Dinas Perhubungan Kota  Jambi saat ini sudah merancang  rekayasa lalu lintas di terminal ini untuk menertibkan alur angkutan umum.

"Alur angkutan dari mana kemana, dimana kalau mereka harus 'ngetem' nunggu penumpang  itu semua sudah dalam rekayasa lalu lintas yang tengah dipersiakan oleh dinas perhubungan," jelas Wawako.

Fungsi kedua terminal ini nantinya  diharapkan terminal ini dapat menjadi daya ungkit ekonomi. Pemkot sendiri dikatakannya sudah menyiapkan 23 tenan yang nantinya bisa digunakan untuk pusat perdagangan barang, seperti batik Jambi atau oleh-oleh Jambi dan dua wing untuk UMKM dibagian kiri dan kanan.

"Karena kawasan ini sudah dilakukan revitalisasi dengan  pembangunan yang baik, ada beberapa tiang listrik yang akan direlokasi supaya bagian tengah terbebas juga para pedagang kaki lima disini akan direlokasi semua akan didata oleh camat, lurah dan perindag  untuk memprioritaskan  mereka di wing terminal ini," ungkapnya.

Sesuai dengan rencana pembangunan terminal ini  mempunyai fungsi penertiban dan revitalisasi terminal itu sendiri  sehingga ke depan fungsi terminal akan berkembang tidak sebatas sebagai tempat angkutan umum.

"Kecdepan  kita ada perencanaan untuk angkutan publik yang ramah lingkungan, nyaman  dan lain sebagainya,harus punya nilai pusat ekonomi, itulah tenan-tenan dan wing untuk UMKM kita.

Maulana menegaskan ke depan  kawasan ini terus akan dihidupkan, Pemerintah akan menata kawasan pasar lama menjadi daerah yang lebih produktif.

"Akan ditata kawasan pasar lama menjadi daerah produktif, ada makanan malam seperti  food court, ada shuttle bus keliling  kita akan bangun kawasan parkir sehingga kawasan ini saling connect, kita harapkan kawasan ini  hidup kembali dan bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022