Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM).

"PaDi BUMN ini di buat oleh Pak Erick Thohir untuk memfasilitasi pemasaran produk UMKM, sekarang sudah jalan dan sudah triliunan transaksi di sana," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jambi, Jum'at.

Dia mengatakan Kementerian BUMN mendorong digitalisasi BUMN melalui PADi UMKM tersebut. Dimana kebutuhan instansi BUMN di Indonesia di beli dari UMKM melalui PaDi UMKM.

Selain itu penguatan kapasitas UMKM juga dilakukan dengan pelatihan digitalisasi oleh PT Telkom, sehingga pelaku UMKM khususnya di Jambi ter-digitalisasi dengan baik.

Di Provinsi Jambi terdapat ribuan pelaku UMKM binaan instansi BUMN mulai dari binaan PT PNM, PT Telkom, PT BRI, PT PLN hingga instansi BUMN lainnya di Provinsi Jambi.

Pemasaran produk UMKM di Jambi juga sudah menyebar, mulai dari lokal, nasional hingga internasional. Maka dari itu dengan di dukung dengan digitalisasi bagi UMKM di harapkan pemasaran UMKM dapat dilakukan dengan lebih baik.

"Pelaku UMKM ini kita minta untuk masuk PaDi UMKM dari Kementerian BUMN ini, dengan demikian pemasaran produk UMKM dapat di jangkau dengan lebih luas," kata Arya Sinulingga.

Digitalisasi UMKM tersebut tentunya juga di dukung dengan kualitas produk UMKM. Sehingga konsumen akan melakukan pembelian berulang terhadap produk pelaku UMKM.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022