Kota Jambi sukses menjadi tuan rumah perhelatan  otomotif Jambi International Bike Week (JIBW) 2022 yang diselenggarakan 25-27 Maret 2022 yang dihadiri ratusan pengendqra motor besar anggota IMBi.
 
Wali Kota Jambi yang juga sebagai Ketua  Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Jambi, menyampaikan bahwa JIBW 2022 ingin memberikan pengalaman dan mendekatkan biker kepada masyarakat dari kesan eksklusif. 

"Melalui JIBW 2022, kita ingin mendekatkan biker motor besar kepada masyarakat. Kita ingin menunjukkan bahwa biker moge punya hak dan kewajiban yang sama di jalan raya. Selain itu kita juga ingin mengedukasi bahwa keselamatan semua orang di jalan raya di atas segalanya," ujar Fasha.

Tidak hanya itu, Fasha juga ungkapkan bahwa JIBW terbukti membawa dampak positif bagi geliat ekonomi kerakyatan di Kota Jambi dan Provinsi Jambi.

"JIBW membuat ekonomi masyarakat bergairah dan bangkit pasca terpuruk aklibat COVID-19. JIBW bawa misi ekonomi dan sosial. Tidak hanya kumpul-kumpul, JIBW dirangkai dengan bakti sosial di kawasan Candi dan promosi wisata Jambi dan Kota Jambi. Melalui event ini, perputaran ekonomi bergerak. Sektor akomodasi, transportasi, UMKM, kuliner, hiburan dan lainnya mendapat berkah," sebut Fasha.

Fasha juga menegaskan bahwa Kota Jambi sebagai ibukota Provinsi Jambi, bertekad akan terus menjadi tuan rumah dan menyelenggarakan berbagai kegiatan skala nasional maupun internasional.

"Sebagai kota besar, Kota Jambi akan terus menjadi tuan rumah perhelatan  skala nasional dan internasional. Dengan demikian, multiplier effect dampak ekonomi masyarakat akan tercipta," pungkas Fasha.

Jambi International Bike Week sendiri merupakan ajang motor besar terbesar di Indonesia dan Asia yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) yang juga merupakan rangkaian perayaan 35 tahun berdirinya Ikatan Motor Besar Indonesia. Pesertanya berasal dari berbagai klub motor besar seluruh Indonesia maupun internasional. 

JIBW 2022 menjadi ajang silaturahmi berbagai klub motor besar dari berbagai daerah dan negara. Kegiatan ini tidak sekedar ajang kumpul-kumpul saja namun ada kegiatan edukasi safety riding, bakti sosial, dan promosi wisata Jambi. Hari pertama JIBW 2022 diawali dengan gala welcome dinner peserta di kediaman Wali Kota Jambi, Griya Mayang (25/3).

 Keesokan harinya di hari kedua, diawali dengan kegiatan demo safety riding yang dilakukan oleh Polwan dari Polda Metro Jaya, bertempat di Kawasan Tuggu Keris Taman Pedesterian Jomblo Kotabaru. Selanjutnya, seluruh rider melakukan short riding ke Kawasan Wisata Candi Muaro Jambi.

 Tidak hanya menikmati wisata alam, kegiatan di Candi Muaro Jambi dirangkai dengan kegiatan bakti sosial penyerahan santunan sembako bagi masyarakat sekitar yang terdampak COVID-19.

Beranjak dari Candi Muaro Jambi, peserta kemudian diajak untuk menikmati sensasi santap sajian kuliner khas Jambi diatas perahu hias di Kawasan Wisata Danau Sipin Jambi.

Seusai kulineran di danau eksotis Kota Jambi itu, peserta JIBW 2022, beranjak menuju pelataran Hotel Yello-Transmart untuk kopi darat dan hadiri bazar UMKM unggulan Kota Jambi. Malam puncak acara JIBW 2022, dihelat di Ballroom BW Luxury Hotel Jambi.
Para bikers menikmati sajian kuliner Kota Jambi di Danau Sipin (ANTARA/HO/Diskominfo Kota Jambi)


Dalam kesempatan itu, dilaksanakan pemutaran video dokumenter perjalanan 35 Tahun Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), penyerahan penghargaan kepada anggota IMBI senior, yaitu dr. Bambang Sutopo dari IMBI Jambi (usia 77 tahun) dan Alexander Lunardi (74 tahun) dari IMBI Banten yang  telah melintasi 75 negara diberbagai benua. Kedia rider senior tersebut masih aktif riding sampai saat ini.

Penghargaan juga diberikan kepada Kapolda Jambi yang diangkat menjadi warga kehormatan IMBI. Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada freestyler Polwan PMJ dan prosesi bertukar cinderamata dari seluruh Pengda IMBI di Indonesia kepada Ketua IMBI Jambi. malam puncak JIBW 2022 juga dihibur dengan penampilan artis Charli Setiaku dan penarikan undian door prize 1 unit motor Honda ADV.

Dalam sambutannya, Ketua IMBI Pusat mengapresiasi pelaksanaan JIBW 2022 di Jambi sebagai event tersukses pasca COVID-19 yang pernah dilaksanakan oleh IMBI.

"JIBW 2022 merupakan event pertama IMBI pasca Covid. Perputaran ekonomi 2 hari ini luar biasa, ekonomi bangkit, saya sampai kesulitan mencari pempek karena habis diborong biker. tadi juga diajak makan diperahu Danau Sipin, luar biasa indah, makannya enak-enak, luar biasa. Terima kasih kepada IMBI Jambi, acaranya luar biasa," ujar Ketua IMBI Pusat yang juga disapa Iwan Bule tersebut.

Lebih lanjut, purnawirawan Polisi yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua PSSI itu menyampaikan bahwa JIBW 2022 yang merupakan rangkaian HUT ke 35 IMBI, membawa spirit persaudaraan antar sesama biker. 

"Acara ini mengajarkan kita untuk saling dukung dan silaturahmi, itu yang kita harapkan. Terima kasih kegiatan lancar, dengan zero accident dan pelanggaran. Terima kasih Ketua IMBI Jambi, acara ini luar biasa semarak dan membawa kenangan kepada kami," pungkasnya.

JIBW 2022 dihadiri langsung oleh Ketua Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), Komjen. Pol. Dr. Drs. H. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H.. Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolda Jambi Inspektur Jenderal Albertus Rachmad Wibowo, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Kabinda Jambi Brigjen Pol. Drs. Irawan David Syah, S.H, M.H, Wakapolda Jambi Brigjen Pol. Drs. Yudawan R. 
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022