Dalam rangka hari dongeng sedunia tahun 2022 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi menggelar kegiatan literasi anak Dongeng Ceria yang melibatkan 100 anak-anak di kawasan Danau Sipin  Kota Jambi, Jumat (1/4).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi, Arzhi Effendi mengatakan, kegiatan literasi ini bekerjasama dengan Kampung Dongeng Seloko Jambi. Selain mendongeng kegiatan juga diramaikan dengan mobil keliling perpustakaan, posyandu remaja (posrem) Danau Sipin yang siap memeriksa dan imunisasi anak-anak, serta sosialisasi cinta, bangga, dan paham rupiah bersama Bank Indonesia. Jambi.

" Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi untuk semua masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa. Dia berharap kegiatan ini bermanfaat bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa. Direncanakan kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi,"katanya.

Arzi menyebut tingkat literasi di Kota Jambi sangat kurang, tapi anak-anak remaja banyak membaca melalui internet, smartphone, dan lain-lain. 

"Selain kegiatan ini, guna meningkatkan literasi disini kami Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki aplikasi iJambiKota sehingga masyarakat dapat membaca melalui gadget. Ada 1860 jenis buku termasuk konten lokal yang dapat dibaca termasuk buku anak-anak di dalam aplikasi iJambiKota, jadi kita mempermudah masyarakat Jambi untuk mengakses buku-buku di aplikasi JambiKota, selain itu kita juga menyediakan buku fisik di perpustakaan kota," jelasnya. 

Camat Danau Sipin, Ririe yang juga menghadiri kegiatan ini berterima kasih karena penyelenggaraan kegiatan ini di kawasan Danau Sipin. Pihaknya juga terbuka bagi komunitas-komunitas lain yang ingin mengadakan kegiatan di kawasan Danau Sipin. 

"Kami menyambut baik kegiatan-kegiatan seperti ini, karena setelah pandemi agak berkurang pengunjung di Danau Sipin, kami menyambut baik kegiatan ini selain mencerdaskan anak-anak kami kegiatan ini juga menjadi fokus pariwisata kami juga, kami juga mengundang bagi komunitas-komunitas lain yang mau membuat kegiatan di wilayah kami silahkan koordinasi dengan kami, harapannya ini dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat dan Danau Sipin lebih dikenal lagi," tutupnya

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022