Siapa yang tidak kenal dengan olahan unik telur bebek marinasi atau sering disebut telur asin? Rasanya yang gurih dan penyajiannya yang praktis membuat telur asin menjadi salah satu makanan favorit banyak orang Indonesia.

Makanan khas Brebes ini bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Dimakan utuh atau dimakan sebagai bumbu pelengkap, rasa telur asin tetap bisa memanjakan lidah.

Selain rasanya yang enak, telur asin juga memiliki beberapa fakta menarik, dikutip dari keterangan resmi Saltesse, Kamis.

Telur asin ditetapkan sebagai warisan budaya

Telur asin pada awalnya dikenal sebagai makanan yang disajikan saat ritual persembahyangan kepada Dewa Bumi oleh masyarakat Peranakan Tionghoa di Brebes, yang kemudian terkenal sebagai oleh-oleh khas Brebes.

Berangkat dari sejarah itu, pada tahun 2020 Kemendikbud menetapkan telur asin sebagai warisan budaya takbenda. Selain cerita perjalanan panjang telur asin, telur ini dianggap memiliki nilai akulturasi bagi masyarakat Brebes. Bagaimana tidak, olahan telur asin ini telah diterima banyak pihak dari berbagai strata sosial karena telah dikomersialkan di Brebes sejak tahun 1950-an oleh masyarakat Peranakan Tionghoa.

Rasa unik telur asin berasal dari persiapan yang praktis

Memiliki rasa yang unik, ternyata proses pembuatan telur asin ini cukup praktis. Dengan air, garam, dan toples, telur asin yang gurih bisa disajikan di meja. Pertama-tama, pastikan telur yang akan diasinkan dalam kondisi baik dan sudah dibersihkan.

Agar proses penggaraman lebih optimal, Anda juga bisa mengampelas telur agar pori-porinya terbuka sehingga rasa asin dari garam lebih mudah diserap.

Kemudian, tambahkan garam ke toples berisi air dan masukkan telur yang sudah dibersihkan ke dalam toples yang sama. Setelah itu diamkan selama 10-12 hari dan pastikan telur tidak terkena sinar matahari. Terakhir, jangan lupa untuk merebus telur dengan api kecil selama kurang lebih 1,5 jam.

Sifat telur asin yang bisa diolah menjadi berbagai rasa yang enak

Tidak hanya sebagai telur utuh, telur asin juga bisa disajikan dalam bentuk bumbu pelengkap, mulai dari telur asin bubuk hingga saus telur asin. Awalnya sajian menu berbahan dasar telur asin ini dipicu oleh sebuah restoran Chinese food di Singapura yang kemudian semakin populer hingga menyebar ke Indonesia.

Terakhir, berkat rasa yang familiar di lidah orang Indonesia dan inovasi unik yang dihadirkan melalui bumbu telur asin, tren ini pun laku keras di tengah pasar hingga menjangkau berbagai kalangan.

Jadi makanan masa kini
Sudah tidak asing lagi mendengar nama makanan yang disajikan dengan bumbu telur asin. Berawal dari trend saat ini yang banyak disukai orang, kini menu bumbu telur asin menjadi salah satu menu andalan yang mudah ditemukan.

Baca juga:PKH Untuk Penjual Kerupuk Telur Asin Agar Keluar Dari Kemiskinan

Baca Juga: Mencicipi Sushi Fushion Bumbu Telur Asin Hingga Keju Meleleh
 

Pewarta: Nanien Yuniar

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022