Memasuki bulan suci Ramadhan, salah satu tradisi yang banyak diterapkan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jambi  adalah menyajikan kue sajian. 

Biasanya akan ada banyak keluarga yang bersilahturahmi untuk sekedar menyapa atau ingin menyalurkan kebahagiaan di bulan suci Ramadhan ini dan perayaan hari raya Idul fitri tentunya
 

Momen itu ditunggu-tunggu oleh setiap muslim, maka tak heran, saat hari tersebut tiba, mereka akan merayakannya dengan suka cita. di tengah kumandang takbir dan suara beduk bersahutan.

Di Jambi  ada 10 jenis kue lebaran yang biasa dijual untuk  mengisi sajian di meja.Termasuk di dalamnya kue tradisional khas Jambi.

Ada berbagai jenis kue lebaran yang ada di atas serta memiliki harga yang bermacam-macam, Untuk saat ini kue lebaran sudah banyak dijumpai di pasar maupun di mall serta minimarket. Dalam bulan suci Ramadhan ini penjualan kue lebaran tahun ini meningkat dibanding tahun lalu karena dampak dari Covid-19. Saat ini kue lebaran masih normal dan akan ramai pembeli saat jelang lebaran. Namun harga aneka kue lebaran terbilang cukup terjangkau.

 
"Ya saya cari kue kering untuk kebutuhan dan mempersiapkan jelang lebaran, di sini berbagai macam kue serta harganya yang cukup terjangkau," ungkap pembeli kue, Ani.

ada beberapa jenis kue lebaran yang populer di saat hari raya idul fitri.

1.Kue Nastar memiliki tekstur lembut yang diisi dengan selai buah yang manis dan banyak juga dengan selai stroberi, bluberi, ataupun selai buah lainnya. 

2. Kue coklat ini menggunakan tambahan coklat dalam adonannya dan juga diberi toping berupa cokelat warna warniwarni.

3. Kue lidah kucing ini teksturnya menyerupai lidah kucing, rasa kue ini juga cukup manis biasanya kue ini diberi taburan gula pasir, keju parut ataupun cokelat di atasnya,

4. Kue salju ini biasanya dilapisi taburan gula bubuk yang manis menyerupai salju, untuk teksturnya sendiri, kue ini mirip seperti kue keju namun lebih lembut dan rasanya cenderung gurih.

5. Kue cokelat kacang kue jenis ini teksturnya lebih renyah dan padat, sekilas rasanya mirip kue brownies, hanya saja teksturnya lebih renyah. kue choco chip kue ini biasanya ada taburan choco chip di bagian atasnya,.

6. Kue sagu merupakan kue kering dengan rasa manis dan gurih seperti namanya, kue ini menggunakan tepung dan sagu dalam adonan nya.


7. Kue bunga matahari memiliki tekstur yang renyah dan gurih dan kue ini berbentuk seperti bunga matahari,

8. Kue brownies memiliki tekstur yang berbentuk persegi dan mempunyai rasa yang bermacam-macam sesuai dengan selera yang di inginkan.

Adapun salah satunya dengan menyiapkan beragam hidangan khas lebaran beberapa hari sebelum perayaannya kue lebaran juga menjadi cemilan wajib yang selalu ada saat lebaran, kue kering merupakan sajian yang selalu dihidangkan di setiap rumah untuk menyambut sanak saudara yang datang untuk bersilahturahmi.


Umumnya setiap keluarga berbagai macam jenis kue kering di rumah sebagai pilihan. Saking banyaknya pilihan, kue kering juga masih tersisa hingga waktu lebaran berakhir.

Namun jangan khawatir kue kering bisa bertahan lama jika disimpan dengan cara yang benar dan tepat seperti pilih toples yang kedap udara untuk menyimpan kue kering dan berikan lapisan kertas di setiap kue agar kue tidak menempel satu sama lain.


Salah satu kue kering yang mulai diburu saat ini ialah kue Nastar, kue ini masih menjadi kue kering pertama yang paling diminati. rasa kue yang khas dengan isian nanas yang ikonik, membuat siapapun tak bisa menolak kelezatannya nastar. hampir semua rumah menyajikan sajian kue kering nastar di meja ruang tamu mereka saat hari raya tiba.


Dan kue cokelat, kue ini sangat diminati oleh anak-anak maka dari itu banyak ibu-ibu yang membeli kue tersebut. menurut para pedagang, moment Idul fitri tahun ini lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Para pedagang kue mulai merasakan meningkatnya omset permintaan kue jelang lebaran hari raya Idul fitri.
  
Adapun kue kering nastar harganya  Rp 150 ribu per kg, kue kacang skipi Rp 120 ribu per kg, kue keju cukis Rp 130 ribu, kue choco chip Rp 150 ribu, kue putri salju Rp 120 ribu. 

Kemudian  kue basah masubah Rp 200 ribu per loyang, lapis legit Rp 250 ribu per loyang, kue sarang semut Rp 60 ribu per loyang, kue bronies mesis Rp 60 ribu per loyang dan kue bronies keju Rp 70 ribu per loyang. 

"Penjualan kue dilakukan  per kilogram, toples atau per loyang, kata pedagang kue di Muarojambi , Pattamawati.


Selain di pasar kue lebaran juga bisa dijumpai di mall ataupun minimarket berikut jenis kue yang ada di mall tersebut seperti kue nastar Rp 65 ribu per bungkus, kue sagu Rp 41 ribu per kotak, kue coklat Rp 42 ribu per kotak, kue roti karamel 39 ribu, kue krunch cookies Rp 50 ribu, kue coklat kacang Rp 99 ribu per kotak, kue lidah kucing Rp 55 ribu per kotak, kue semprong 44 ribu per kotak, kue salju Rp 52 ribu per kotak, dan kue bunga matahari Rp 44 ribu per kotak.
 
 
 




 

Pewarta: Ardian Jaka Surya

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022