Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari bersama UNICEF melaksanakan pertemuan koordinasi lintas sektor untuk pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 yang telah diluncurkan  oleh Gubernur Jambi pada 18 Mei 2022.

Kapala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari Dr Elfi Yennie dalam materi pembukaannya mengatakan bahwa imunisasi ini banyak sekali manfaat untuk anak, dan ini adalah hak anak yang wajib kita berikan.

Situasi pandemi selama 2 tahun ini berdampak cukup drastis terhadap  penurunan cakupan imunisasi anak. BIAN ini momentum yang sangat baik untuk kembali merangsang agar anak – anak bisa kembali mendapatkan haknya.

“Makanya stakeholder terkait pelaksanaan BIAN ini agar segera kita sepakati dan mencapai target dengan baik. Mengingat sekolah-sekolah mau ujian dan libur jadi betul-betul harus ada kesepakatan bersama ," ujarnya

Elfie juga menambahkan bahwa kita target nya mulai 1 Juni sampai dengan 30 Juni ini, yakin bisa mencapai target sasaran sebanyak 58.236 anak usia 9 bulan   12 tahun.

“Kita berterima kasih kepada UNICEF yang ikut bersama kita dalam pelaksanaan imunisasi ini, semoga dengan kerja bersama ini target kita bisa tercapai, sesuai jadwal yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan bahwa ujian anak tanggal 9 -15 Juni, maka kita bisa gerakkan mulai 1 Juni sampai tanggal 8, kemudian habis ujian lanjut lagi di sekolah” kata Elfi

Sementara itu, Yulizar Kasma Konsultan Unicef Provinsi Jambi mengatakan bahwa, imunisasi ini harus Gerakan kolektif, tidak hanya dibebankan di punggung tenaga kesehatan. UNICEF berkomitmen untuk ikut melindungi anak-anak dari potensi penyakit PD3I melalui imunisasi ini sesuai dengan apa yang disampaikan Gubernur jambi, target sekitar 710 ribuan harus dicapai dengan bergandengan tangan.

"Sampai hari ini Provinsi jambi masih urutan provinsi ke 21 dengan cakupan 2%, Kota jambi, Tanjung Jabung dan Tebo yang sudah mulai melaksanakan Imunisasi BIAN ini, insya Allah saya yakin dengan hadirnya rapat ini dalam waktu 10 hari kita bisa mengejar pelaksanaan BIAN di Kabupaten Batanghari ini “ ungkap Yulizar

Selain itu, Kabid P2P Nurjali juga menjelaskan Surat edaran Sekda Batanghari Sudah dibagikan  ke peserta, sehingga peran masing-masing bisa dilihat dan segera  dieksekusi dengan baik sehingga  capaian target BIAN ini, terlaksana dengan baik.

“Kita belajar dari Covid 19 peran Dinas Pendidikan, kemenag, Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa yang mewadahi desa – desa, TNI/Polri, TP PKK, MUI, camat dan semua sektor ini All Out selama sebulan ini untuk BIAN, kita bisa berhasil insya Allah” Tutup Nurjali

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022