Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti proses pencarian harian Emmeril Kahn Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, dan telah memerintahkan seluruh jajaran terkait untuk membantu. sebanyak mungkin.

"Saya ikuti setiap hari, kami sudah perintahkan ke Kementerian Luar Negeri, ke kedutaan, kami bantu semaksimal mungkin," kata Presiden di Sirkuit E-Prix Internasional Jakarta, Ancol, Jakarta, Sabtu.

Presiden juga mengatakan telah menghubungi Ridwan Kamil secara langsung, sehari setelah Eril, sapaan akrab Emmeril, dinyatakan hilang pada 26 Mei 2022. Ia mengungkapkan kesedihan mendalam karena belum menemukan Eril.

Baca juga: DPRD: Kepergian Eril Sedih untuk Jabar

Baca juga:Sejumlah pejabat mendatangi kantor Ridwan Kamil untuk menyampaikan belasungkawa

.“Memang sampai saat ini belum ditemukan dan saya juga menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil dan seluruh keluarga, semoga berkenan. diberikan keikhlasan dan kesabaran dalam menghadapinya,” ujarnya.

Eril dinyatakan hilang pada 26 Mei 2022 saat berenang di sungai Aare saat berenang bersama saudara dan teman-temannya. Pemerintah Indonesia melalui KBRI Swiss dan juga jajaran Pemerintah Swiss segera berupaya mencari Eril. Ridwan Kamil beserta istri dan keluarganya turut serta dalam pencarian Eril.

Setelah melakukan upaya pencarian sejak Kamis (26/5), pada 2 Juni 2022, Kamis, Ridwan Kamil memutuskan kembali ke Indonesia untuk menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat. Namun, pencarian Eril terus berlanjut. Keluarga Ridwan Kamil terbang ke Swiss untuk membantu pencarian.

Keluarga besar Ridwan Kamil menyatakan keikhlasan atas kepergian Emmeril Kahn Mumtadz.

Baca juga: Ridwan Kamil Tiba di Rumah Dinas Sepulang dari Swiss

“Sebelumnya, pihak berwenang setempat mengatakan mereka telah menggunakan pencarian khusus untuk menemukan mayat itu. Oleh karena itu, Kang Emil dan Bu Atalia telah memberi tahu mereka dengan tulus dan percaya bahwa Emmeril Kahn Mumtadz telah meninggal, kembali ke Rahmatullah karena tenggelam,” kata Erwin Muniruzaman, kakak, Ridwan Kamil, Jumat (3/6).

 

Pewarta: Indra Arief

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022