Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Palembang, Sumatera Selatan mendelegasikan sebanyak 500 orang penggiat olahraga untuk tampil dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di kota ini, pada 1-7 Juli 2022.

Ketua KORMI Kota Palembang Zulfikar Muharrami di Palembang, Senin mengatakan ratusan orang penggiat atau peserta mewakili kota Palembang pada Fornas tersebut terdiri dari sekitar 30 induk organisasi olahraga (Inorga).

Dari 30 Inorga yang diikutsertakan itu diantaranya Ikatan Olahraga Dance Spot Indonesia (IODI), Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI), Ikatan Olahraga Kreasi Indonesia (IOSKI), Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi), Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (Porpi), Universal Line Dance (ULD).

“Masih banyak lagi, karena memang kami terus mensosialisasikan kepesertaan kepada Inorga dan masyarakat umum,” kata dia, usai penutupan kegiatan Road to FORNAS di Kambang Iwak, Bukit Kecil, Palembang.

Sementara itu Sekretaris KORMI Palembang Firmansyah mengakatan para penggiat tersebut saat ini sedang fokus menjalani proses pelatihan untuk memperoleh hasil maksimal di Fornas VI.

Meski berbeda dari olahraga prestasi, ia menilai, program pelatihan itu tetap dianggap penting karena para peserta yang dari berbagai kalangan usia itu akan menghadapi ratusan penggiat olahraga rekreasi dari 33 provinsi lainnya se-Indonesia.

“Yang jelas kalau ada prestasi pasti ada apresiasi, Insyallah mereka siap mencapai target yang membanggakan bagi Palembang, khususnya Sumatera Selatan,” imbuhnya.

Sementara itu bertindak selaku tuan rumah FORNAS VI, saat ini KORMI bersama Pemerintah Provinsi/Kota Palembang beserta organisasi terkait lainnya sedang mempersiapkan venue penyelenggaraan setiap olahraga yang dipertandingkan itu.

Lokasi venue tersebut diantaranya seperti Jakabaring Sport City, Stadion Bumi Sriwijaya, Stadion Kamboja, Lapangan Hatta, Universitas Sriwijaya Palembang, Skatepark Jakabaring, Landasan Udara SMH Tanjung Senai dan termasuk mal di Palembang.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, kota ini memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap karena pernah menjadi tuan rumah kegiatan olahraga bertaraf internasional seperti SEA Games dan Asian Games.

Melalui fasilitas-fasilitas yang sudah ada tersebut Pemerintah Kota Palembang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi pada FORNAS VI, sekaligus dari situ dapat mewujudkan Palembang sebagai kota tujuan wisata olahraga.

“Pemerintah Kota Palembang mendukung pelaksanaan FORNAS VI pada Juli mendatang, sekaligus mengajak masyarakat turut partisipasi mensukseskannya bersama-sama,” kata dia,

Adapun diketahui KORMI Sumatera Selatan mengumumkan secara keseluruhan ada sebanyak 55 induk olahraga dan 10 olahraga eksebisi yang bertanding pada FORNAS VI 1-7 Juli 2022.

Dari jumlah induk olahraga yang bakal dipertandingkan tersebut diantaranya seperti Indonesia e-Sport Association (IESPA), Perstuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga eksebisi diantaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, Skateboard, dan sepeda BMX.

“Namun kami masih menunggu data jumlah total penggiat (peserta) resmi dari panitia penyelenggara FORNAS di Jakarta, karena yang bakal dipertandingkan tersebut terbuka bagi semua penggiat olahraga rekreasi mulai dari tingkat kabupaten/kota di 34 provinsi nasional,” kata Sekretaris KORMI Sumatera Selatan Eko.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022