Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Komisariat Daerah Jambi (APHI KOMDA JAMBI) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Magister Ilmu Lingkungan Universitas Jambi (HIMAMIL UNJA) dan Jambi Network Channel (JCN).

Tema yang diangkat “Mencari Solusi Permanen Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Jambi”  secara luring dan daring.

Ketua Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian UNJA, Dr Forst Bambang Irawan, SP.,M.Sc.,IPU., mengatakan kebakaran hutan dan lahan adalah akibat bukan sebab penyebabnya baik dari aspek ekonomi, pengetahuan dan kesadaran dan kepedulian masyarakat yang kurang.

“Tugas dari pemerintah adalah bersama-sama serta membangun mekanisme agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar dan mencari solusi terbaik dengan cara dan metode selain membakar sedangkan masyarakat tidak memiliki sumberdaya, ketidakmampuan membuka lahan selain membakar,” ujar Dr. Bambang.

Salah satu solusi permanen adalah peningkatan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, Program DMPA Desa Dataran Kempas Inisiasi APP Sinarmas Group adalah salah satu contoh yang tentunya juga perlu mendapatkan dukungan bersama secara luas dalam sisi pemasarannya.

Sementara itu Dr. Helmi, S.H.,M.H., mengatakan penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran merupakan salah satu upaya permanen untuk menimbulkan efek jera.

“ Agar efek jera tercapai tentunya hukum mesti membumi yaitu dengan merumuskan sanksi yang dapat dijangkau,” terangnya

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022