Pertarungan ketat di Tour de France 2022 berakhir 

Pebalap sepeda Denmark Jonas Vingegaard dinobatkan sebagai juara Tour de France 2022 pada Minggu waktu setempat untuk mengakhiri dominasi dua edisi juara bertahan Tadej Pogacar setelah melewati lomba selama tiga pekan yang melelahkan dan pertarungan tanpa henti total sejauh 3.350 km.

Bekas penjual ikan di pasar yang berusia 25 tahun itu merebut gelar juara Tour de France pertamanya, setahun setelah tampil luar biasa untuk membuntuti Pogacar pada urutan kedua edisi Tour 2021.

"Kemenangan ini sangat besar bagi saya, sungguh hebat," kata Vingegaard saat berdiri di atas podium di Champs Elysees.

"Begitu banyak orang yang ingin saya ucapi terima kasih tetapi saya tak tahu harus mulai dari mana," sambung dia seperti dikutip AFP.

Namun dia secara khusus memuji penyelenggara yang memulai balapan kali ini di negara asalnya di Denmark.

Vingegaard juga menyanjung rekan setimnya Wout van Aert sebagai "fenomenal" dan "pebalap sepeda terbaik di dunia" setelah dia didampingi Pogacar pada posisi kedua dan juara edisi 2018 Geraint Thomas pada urutan ketiga.

Warga Denmark yang memenuhi depan depan podium mengelukan namanya ketika dia mengucapkan terima kasih kepada "dua gadis belahan hati saya" yang merujuk kepada pasangannya dan putri mereka.

"Tanpa mereka, saya tidak bisa melakukan ini."



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jonas Vingegaard juara Tour de France 2022

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022