Gubernur Jambi H Al Haris mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di provinsi itu untuk mengenakan pin "Tolak Gratifikasi" pada baju seragam yang dipakainya sebagai komitmen untuk mencegah praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Kita mulai dari hal yang terkecil pada diri sendiri yaitu terkait atribut kelengkapan keseharian yang wajib dipakai sesuai aturan berlaku, sesuai dengan pakaian ASN yang lengkap dan benar sehingga terlihat rapi dan sopan dalam melayani masyarakat," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Selasa.

Gubernur  sebelumnya meminta  inspektorat untuk membuat pin "Tolak Gratifikasi" itu, sebagai gerakan dan langkah  dan upaya Pemprov Jambi  memerangi korupsi.

"Saya sengaja meminta kepada Inspektur Provinsi Jambi untuk membuat pin Tolak Gratifikasi, karena saya menginginkan dalam setiap diri ASN  Pemprov Jambi tertanam semangat anti korupsi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih," katanya.

Lebih lanjut, Al Haris juga mengingatkan kepada seluruh ASN lingkup Pemerintah Provinsi Jambi terutama para pejabat untuk bekerja secara maksimal.

Secara simbolis  gubernur menyematkan pin "Tolak Gratifikasi"  kepada Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Provinsi Jambi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Provinsi Jambi  serta  Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Gubernur juga menyampaikan, dasar hukum penyematan pin Tolak Gratifikasi itu adalah Peraturan Gubernur Jambi Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi dan Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 557/Kep.Gub/ITPROV-6/2022 Tanggal 1 Juli 2022 tentang Pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi Provinsi Jambi, serta Surat Edaran Gubernur Jambi Nomor 685/SE/ITPROV-VI/VII/2022 tanggal 18 Juli 2022 tentang penggunaan pin Tolak Gratifikasi.

ASN  kata Haris, merupakan salah satu agen perubahan bagi masyarakat. Semangat anti korupsi ini juga harus ditanamkan  di sekolah-sekolah, sehingga jiwa generasi muda tertanam semangat anti korupsi. Pihaknya akan membuatkan modul untuk sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Jambi.

Al Haris juga berpesan kepada seluruh ASN di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk bekerja sungguh sungguh dengan hati yang penuh keikhlasan, dan bekerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Jambi.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022