Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) merupakan garda terdepan dalam menggerakkan masyarakat desa yang berawal dari keluarga untuk bersama-sama bisa membangun desanya agar lebih maju lagi.

"PKK merupakan perpanjang tangan pemerintah dalam membina dan membangun desa, hendaknya lebih aktif lagi sebagai garda terdepan dalam menggerakkan desa masing masing, khususnya dalam kesejahteraan keluarga yang nantinya juga akan berdampak positif dalam pembangunan desa," kata Gubernur Jambi, Al Haris, di Jambi Kamis. 

TP PKK adalah mitra kerja pemerintah yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing masing jenjang mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga ke tingkat Kelurahan/Desa.

Gubernur Al Haris mengapresiasi kegiatan rakor TP PKK sebagai wadah untuk menampung saran, ide, gagasan serta saling bertukar pikiran, guna lebih meningkatkan peran PKK sebagai salah satu komponen pembangunan, terutama dalam pencegahan dan penanganan stunting, dimana stunting merupakan kondisi pertumbuhan kerdil pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang.

Pengetahuan pada keluarga sangat penting dalam upaya pencegahan stunting, untuk itu TP PKK dapat memfokuskan salah satu programnya melalui kampanye dan aksi pencegahan dan penanggulangan stunting.

"Peningkatan kesadaran keluarga akan ancaman stunting dan peran aktif keluarga untuk mengubah perilaku dalam penerapan hidup bersih dan gizi seimbang,” kata Al Haris.

Lebih lanjut, gubernur juga menuturkan TP PKK juga harus berperan dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan melalui pengembangan kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga dapat lebih meningkatkan pendapatan keluarga dan diyakini perempuan Provinsi Jambi memiliki potensi dalam berkreasi dan melakukan inovasi dalam menghasilkan produk unggulan UMKM.

"Kita harus turut serta dalam mengembangkan potensi tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Haris.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Haris, mengatakan Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kapasitas dari TP PKK Desa se-Provinsi Jambi sehingga lebih maksimal dalam mendukung jalannya program pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi, khususnya dalam menangani permasalahan stunting.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022