Ratusan siswa dan siswi SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengikuti kegiatan sosialisasi Karhutla dan pendidikan konservasi di aula sekolah mereka di Desa Mencolok Kabupaten Tanjabtim.

Kepala Sekolah SMPN 12 Tanjabtim  Anton Susilo  di Tanjabtim, Selasa, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT WKS karena telah melakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi generasi muda dan memilih SMPN 12 sebagai lokasi kegiatan.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini dan kami berbahagia menjadi bagian dari kegiatan yang dilakukan PT WKS, telah menjadi pelopor penyadartahuan akan pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan bagi generasi muda," katanya.

Menurut dia  kegiatan yang digelar Senin (1/8) semacam itu sangat dapat dijadikan media dalam upaya menanamkan pengetahuan pada generasi muda akan bahaya kebakaran sehingga ke depan generasi muda dapat diharapkan untuk dapat menjadi duta-duta pencegahan Karhutla di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggalnya.

Pada kesempatan itu, Putri salah satu siswi yang mengikuti kegiatan menyampaikan sangat senang mengikuti kegiatan bermanfaat seperti itu, karena mereka mendapatkan pengetahuan tentang bahaya bencana karhutla.

"Terlebih terdapat simulasi langsung sehingga kami dapat mengetahui bagaimana sulitnya memadamkan api dan pentingnya mencegah agar karhutla tidak terjadi," kata Putri.

Sementara itu Destian Nori sebagai Perwakilan PT WKS menyampaikan kegiatan itu merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap upaya pencegahan Karhutla dan pendidikan konservasi sejak usia dini, terutama usia SMP sebagai fokus utamanya.

Nori menyampaikan bahwa kegiatan itu sangat penting untuk dilakukan, upaya pencegahan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang karhutla harus dilakukan sedini mungkin agar di masa akan datang timbuk kesadaran kolektif dari masyarakat dan Bencana Karhutla dapat diminimalisir bahkan dihilangkan melalui kesadaran kolektif masyarakat.

Lebih lanjut Nori menyebutkan kegiatan serupa juga telah dilakukan PT WKS di Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 25 Juli 2022 dengan berpusat di lokasi Madrasah Aliyah Sabilul Muttaqin Desa Karya Maju Kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Berikutnya menyusul kegiatan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan penyadartahuan, sosialisasi dan simulasi pencegahan bencana Karhutla di Provinsi Jambi

Penyampaian materi Karhutla meliputi Peraturan Perundangan dan Arahan Presiden RI tentang bahaya Karhutla, Dampak-dampak Karhutla, Penyebab Karhutla dan Komitmen PT WKS dalam melakukan pencegahan dan Penanggulangan  Karhutla serta dilakukan simulasi pemadaman Kebakaran oleh Tim RPK PT WKS bersama Masyarakat Peduli Api dan Personil Mitigasi.

Disampaikan pula Pendidikan Konservasi pada peserta dan Penyerahan Bibit Pohon buah dan eucalyptus sebagai upaya konservasi alam pada usia dini.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022