Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI tak surutkan  pemantauan perkembangan harga dan distribusi minyak goreng curah di semua daerah di Indonesia.

Berdasarkan pantauan harian Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan pada 216 pasar di seluruh Indonesia, harga minyak goreng curah secara rata-rata untuk Pulau Jawa dan Bali telah di bawah harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000/liter.

Bahkan di Jambi mencapai Rp13.000 per liter, kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Jambi Selasa.

Untuk per 1 Agustus 2022, harga minyak goreng curah di Pulau Jawa dan Bali tercatat Rp12.937/liter, atau turun lebih dari 6,95 persen jika dibandingkan bulan lalu. Sementara rata-rata harga nasional dibandingkan bulan lalu telah mencapai level Rp14.300/liter atau turun sebesar 9,49 persen.

"Provinsi lain seluruhnya menunjukkan tren penurunan dengan rincian rata-rata harga untuk wilayah Sumatera mencapai Rp13.251/liter, di Pulau Kalimantan Rp13.854/liter, Sulawesi Rp14.408/liter, serta Maluku dan Papua sebesar Rp18.621/liter," kata Zulkifli Hasan.

Khusus untuk Minyak Ggoreng Curah Rakyat (MGCR) sudah tersedia di 18.024 pengecer mitra Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yang tersebar pada 241 kabupaten atau kota di 25 provinsi dengan tanda khusus atau ada spanduk Harga Eceran Tertinggi (HET).

Pemerintah terus memperluas cakupan pendistribusian yang sebelumnya minyak goreng kemasan  menjadi minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan rakyat. Minyak Goreng Kemasan Rakyat harus menggunakan merek 'Minyakkita' dan mencantumkan HET sebesar Rp14.000 per liter.

Sampai dengan 1 Agustus 2022 terdapat sebanyak 95 perusahaan telah mendapatkan persetujuan penggunaan merek Minyakita' dari Kementerian Perdagangan dan akan terus bertambah mengingat animo perusahaan terhadap pelaksanaan program ini yang baik, kata Zulkifli Hasan.

Kementerian Perdagangan juga telah melakukan peluncuran Program MGCR dengan menggunakan merek 'Minyakita' pada 6 Juli 2022 dan Kemendag optimis bahwa Minyakita akan meningkatkan jangkauan Program MGCR dan memperkuat mitra pengecer PUJLE di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam satu bulan ini diharapkan program sudah menjangkau terutama wilayah Indonesia Timur sehingga HET minyak goreng curah di seluruh Indonesia dapat segera tercapai.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022