SKK Migas-PetroChina Jabung menggelar pelatihan ternak kambing peranakan etawa

Kamis, 11 Agustus 2022 17:29 WIB

 SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. menggelar pelatihan ternak kambing peranakan etawa di BUMDES Pujiku Atmoro di Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu (10/8).

Selain menggelar pelatihan, SKK Migas-PetroChina juga memfasilitasi bantuan pembuatan kandang dan memberikan sebanyak 35 ekor kambing peranakan etawa lengkap dengan vitamin dan obat-obatan yang diperlukannya.
"Kegiatan ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dari perusahaan, khusus di Desa Terjun Gajah ini berupa bantuan untuk pengembangan ternak kambing peranakan etawa, mulai dari pelatihan, fasilitasi kandang, bibit serta vitaminnya juga," kata Govermentand Relation Superintendent PetroChina International Jabung Ltd Setiaandika Priandaru.

Melalui pelatihan dengan menghadirkan mentor dan praktisi peternakan kambing etawa, diharapkan program tersebut bisa dikembangkan oleh peserta pelatihan.  Pelatihan ini kesempatan bagi peserta untuk menimba ilmu dan sharing pengalaman dalam memelihara kambing jenis etawa ini.

Ia berharap, kambing bantuan dalam program itu diharapkan bisa berkembang biak sehingga para peserta bisa mendapatkan manfaat serta meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Terjun Gajah.

Pengembangan peternakan kambing peranakan etawa itu, selain difasilitasi melalui program TJS PetroChina International Jabung Ltd, juga mendapat pendampingan dari tim dari Universitas Jambi.

Sebagai tahap pertama ada 10 orang warga yang akan memulai pemeliharaan kambing etawa tersebut, selanjutnya diharapkan bisa berkembang dan pada gilirannya jumlah peternaknya terus bertambah.

"Selain menyiapkan kandang dan bibit, juga luasan areal untuk tanaman rumput pakannya juga disiapkan, sehingga pemberian pakan ternak bisa terjamin dengan luasan hijau yang disiapkan," kata Ketua BUMDES Pujiku Atmoro Desa Terjun Gajah, Firmansyah.

Ia menyampaikan apresiasi atas fasilitasi program dari SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, dan berharap pada saatnya nanti peternakan yang dirintis itu bisa berkembang dan mendorong peningkatan pendapatan serta perekonomian masyarakat di sana.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022

Terkait
Terpopuler