Seratusan pria kekar dari sejumlah daerah di Jawa dan Sumatera  beradu panco pada "Lomba Panco Dandim 0415/Jambi 2022"  dalam rangka  HUT ke-77 Republik Indonesia di  Makodim Jambi, 13-14 Agustus 2022.

"Perlombaan panco kali ini adalah lomba panco pertama di sini, Diharapkan  Ke depan  diharapkan kembali digelar dan menjadi agenda kejuaraan rutin dan berkelanjutan," kata Dandim 0415/Batanghari  Kolonel Inf Marsal Denny di sela-sela kegiatan lomba panco itu, Sabtu.

Kejuaraan panco yang terbuka untuk umum tersebut, kata Dandim juga untuk memberikan sarana atau ajang berkompetisi bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk menyalurkan energi positifnya melalui  adu kuat panco.

Pihaknya memilih olahraga panco yang dipertandingkan dan dirangkai dengan HUT ke-77 Republik Indonesia karena merupakan olahraga masyarakat atau yang berkembang di masyarakat, murah dan bisa diikuti oleh siapapun.

"Perlombaan olahraga panco dipilih karena olahraga ini merupakan olahraga tradisional yang perlu kita angkat dan kembangkan sekaligus dilestarikan,' kata Marsal Denny.

Sementara itu Wali Kota Jambi  Syarif Fasha juga hadir di tengah-tengah kemeriahan lomba panco di markas TNI AD di Kota Jambi itu. Wali Kota yang gemar berolahraga itu sangat mengapresiasi inisiatif lomba panco  yang dimoorri oleh Dandim 0415/Batanghari itu. 

Menurut Fasha olahraga panco sudah lama sekali tidak ada kejuaraan, padahal olahraga itu merupakan olahraga rakyat yang sangat familiar di semua lapisan masyarakat Indonesia itu.

“Mudah-mudahan perlombaan ini nantinya dapat menghasilkan memunculkan atlet panco yang  bisa bersaing pada tingkat nasional. Yang jelas loma panco ini  memberikan hiburan kepada masyarakat dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia,” kata Fasha.

Sementara itu Ketua Panitia Kejuaraan Panco Dandim 2022, Budiono menyebutkan kompetisi olahraga rakyat  itu diikuti seratusan peserta yang berasal dari Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung dan dari Jambi.

Para peserta bertanding dalam dua kategori  yakni kelas  65 kilogram dan kelas 70 kilogram.

Hadiah yang diperebutkan juga cukup menarik yakni juara pertama mendapat Rp10 juta, kedua Rp8 juta dan ketiga Rp[6 juta, ditambah lagi sertifikat serta hadiah hiburan.
 

 

Pewarta: Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022