Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Sosial setempat memberikan bantuan langsung dari Menteri Sosial Tri Rismaharini khususnya di daerah Sungai Terap, Desa Jelutih Kabupaten Batanghari.

"Ya kita fasilitasi bantuan Menteri Sosial untuk  warga Suku Anak Dalam di daerah Kabupaten Batanghari tepatnya Sungai Terap," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batanghari, Fauzan Azhari, Jum'at (19/8)

Program-program yang pertama pemberian bantuan pakai sekolah dan alat-alat tulis sekolah dari Menteri Sosial kepada Suku Anak Dalam (SAD).

"Dengan adanya dukungan dari Kementerian Sosial yang langsung ke Sungai Terap ini sangat membantu bagi SAD," katanya

Selain pemberian pakaian sekolah, dari Dinas Pendidikan dan Dukcapil Kabupaten Batanghari memberikan bantuan berupa buku-buka sekolah dan Kartu Identitas Anak (KIA).

" Iya, kita memberikan bantuan ini kepada anak SAD agar mereka merasakan juga layaknya seperti anak-anak biasa," ujarnya

Selain memberikan bantuan, Balai Alia Tama  mengajarkan pola hidup bersih dan sehat seperti mandi yang bersih pakai sabun dan cara makan yang benar. Mereka juga belajar cara baris berbaris yang benar sambil bermain.

"Belajar sambil bermain ini bagus untuk anak usia SD karena mereka cenderung lebih senang bermain. Belajar bersama teman bisa memberikan semangat dan juga melatih kerja sama tim antar teman," katanya

Sementara itu, Pemkab Batanghari juga melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) terhadap tenaga pengajar yang sudah mengabdi di kawasan SAD. 

"Melalui warga SAD sendiri yang dididik untuk menjadi pengajar kemudian perwakilan yang sudah dididik ini kita buatkan SK," ujarnya

Pihaknya juga mengharapkan dengan adanya bantuan ini kedepannya seluruh suku anak dalam dapat lebih maju dan untuk anak-anak dan ibu yang sudah mendapatkan KIA dan KTP diharapkan yang kedepannya akan diberikan bantuan Keluarga Harapan.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022