Rasa bangga dan haru tampak terpancar di wajah 56 siswa-siswi terpilih dari seluruh sekolah menengah atas sederajat se-Kota Jambi, yang sukses mengemban tugas negara, mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera pusaka Merah Putih, 17 Agustus lalu. Rasa letih saat pengemblengan dan latihan keras selama 3 bulan terakhir, seolah terbayar dengan manis saat riuh tepuk tangan mengiringi tuntasnya tugas mereka. 
 
Atas kesuksesan itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha memberi apresiasi khusus kepada seluruh Paskibraka Kota Jambi, termasuk kepada pelatih. Pada saat Resepsi Kenegaraan, Wali Kota Fasha bersama Wawako Maulana, menyematkan samir atau selempang Duta Paskibraka Kota Jambi kepada sepasang perwakilan Paskibraka. Sebelumnya mereka juga telah dinobatkan menjadi Duta Anti Narkoba Paskibraka Kota Jambi oleh Badan Narkotika Nasional Kota Jambi. Tidak hanya itu, sebagai apresiasi atas kinerja mereka, seluruh Paskibraka Kota Jambi tahun 2022 juga diberi apresiasi khusus berupa wisata Wawasan Kebangsaan (Wasbang) ke Kota Bandung yang telah berlangsung pada tanggal 19 hingga 22 Agustus lalu.
 
Berkunjung ke beberapa lokasi bersejarah di Kota Bandung, seperti Gedung Sate, Museum Geologi, Gedung Asia Afrika dan beberapa spot wisata, Wasbang Paskibraka Kota jambi bertujuan untuk berwisata sambil menambah wawasan dan pengetahuan, melihat ragam adat, budaya dan sejarah, serta kemajuan kota lain di Indonesia.
    
Kadispora Kota Jambi, Moncar Widaryano mengungkapkan bahwa Wali Kota Jambi Syarif Fasha sangat mengapresiasi jerih upaya dan kerja keras Paskibraka Kota Jambi dalam menjalankan tugas saat upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia beberapa waktu lalu. Menurutnya, Wali Kota Jambi dan jajaran Forkompimda Kota Jambi sangat puas atas suguhan penampilan mereka saat mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka.
 
"Bapak Wali Kota Jambi sangat berbahagia karena anak-anak kita (Paskibraka-red.) telah menampilkan performa terbaik saat menjalan tugas. Mereka tampil sempurna tanpa kesalahan. Sebagai apresiasi, Bapak Wali Kota memberikan hadiah kepada mereka berupa karyawisata Wasbang ke Kota Bandung. Tidak hanya itu, selama latihan penggemblengan, mereka juga diberi uang saku dan sertifikat. Ini tentunya sangat disyukuri oleh anak-anak," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Kadispora Kota Jambi itu juga sampaikan bahwa Paskbraka Kota Jambi selama latihan dan karantina, mendapat fasilitas khusus dari Wali Kota Jambi, yaitu mereka diinapkan di hotel berbintang, yaitu Hotel Yello Transmart Kota Jambi.
 
"Tentunya ini menjadi perlakuan istimewa bagi anak-anak. Mereka sangat enjoy dan bahagia. Hasilnya dapat kita saksikan sendiri, mereka tampil sempurna saat bertugas," pungkasnya.
 
Salah satu Paskibraka Kota Jambi, Clarissa saat diwawancarai mengaku sangat bangga dan bahagia menjadi bagian Paskibraka Kota Jambi. Menurutnya, selain menjadi pelajar yang terpilih di Kota Jambi, kebutuhan mereka selama ini diperhatikan dengan baik.
 
"Senang dan bahagia, karena selama di Bandung kami bertemu dengan teman-teman Paskibraka dari daerah lain. Alhamdulillah ternyata Paskibraka Kota Jambi dilayani dengan baik. Kami menginap di hotel, sedangkan daerah lain tidak. Kami berwisata menggunakan pesawat, yang lain lewat darat. Kami bersyukur jadi Paskibraka Kota Jambi," ungkap pelajar SMA 5 tersebut.
 
Lain pula M. Haviz. Siswa SMA 5 ini jelaskan bahwa pembinaan Paskibraka Kota Jambi dinilainya sangat baik, karena memiliki sistim pembinaan yang terarah dan didukung penuh oleh pemimpin dan seluruh jajaran pemerintahan di Kota Jambi.
 
"Saya termotivasi bergabung menjadi Paskibraka di Kota Jambi karena pembinaannya sangat baik, itu sudah kami dengar dari kakak kelas dan senior yang sebelumnya telah bertugas menjadi Paskibraka di Kota Jambi," ujarnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022