Dalam rangka melaksanakan fungsinya sebagai Penyelenggara Pengelola Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, SKK Migas Pewakilan Sumbagsel bersama Kontrakor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Wilayah Jambi kegiatan Kuliah Umum yang bertemakan ‘Hulu Migas Untuk Negeri’ pada Rabu, 7 September 2022, bertempat di Gedung Balairung Universitas Jambi (Unja) Kampus Mendalo.
 
Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan mengungkapkan tujuan dan harapannya terkait kegiatan kuliah umum tersebut.

Kuliah umum itu terselenggara sebagai salah satu program kerja SKK Migas dengan dunia pendidikan. Tujuannya untuk memaksimalkan pemahaman mengenai hulu migas khususnya di provinsi Jambi.

"Kami juga ingin menumbuhkan semangat mahasiswa/i Provinsi Jambi mengenai keingintahuan tentang hulu migas dan kegiatan hulu migas. Kami berterima kasih kepada pihak UNJA yang telah memberikan dukungan dan antusias tinggi terhadap kegiatan ini,” ungkap Anggono.

SKK Migas memiliki peranan dalam upaya memberikan pemahaman/pengenalan mengenai kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi kepada masyarakat termasuk kepada akademisi dan insan dunia pendidikan.

Oleh karena itu, SKK Migas memberikan Kuliah Umum kepada kurang lebih 500 peserta yang hadir. Para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut mayoritas berasal dari Universitas Jambi sebanyak kurang lebih 340 peserta dengan 150 lebih peserta lainnya berasal dari UIN STS Jambi, UNBARI, UM JAMBI, UNAMA, Universitas Nurdin Hamzah, UT Jambi, serta Politeknik Jambi.

Rektor UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menyambut baik kegiatan kuliah umum dan berharap perusahaan-perusahaan migas bisa berkontribusi untuk mahasiswa MBKM dan menjadi tenaga ahli di UNJA.

“Kita harus bersyukur bahwa kita kedatangan SKK Migas yang tujuannya memberikan informasi tentang apa itu SKK Migas memproduksi minyak dari hulunya. Jika bisa, mahasiswa UNJA punya peranan di proses perkuliahan terutama MBKM. Kami juga butuh tenaga ahli dari perusahaan-perusahaan migas datang ke UNJA untuk menjadi pengajar kontrak sebagai tenaga ahli,” ujar beliau.

Kuliah umum yang diadakan oleh SKK Migas tersebut memaparkan 4 materi yang dibagi ke dalam 4 sesi. Materi yang disampaikan antara lain: ‘Tata Kelola lndustri Hulu Migas’ oleh Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Sampe L. Purba, ‘Kegiatan Operasi Produksi’ oleh KKKS Seleraya Merangin Dua, ‘Kontribusi Hulu Migas melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) serta Tips & Trik untuk dapat Bermintra sebagai Industri Penopang KKKS’ oleh KKKS Petrochina lnternational Jabung Ltd, serta ‘Meningkatkan Kompetensi untuk Mendukung Kegiatan Usaha Hulu Migas’ oleh KKKS Pertamina EP.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., yang mewakili Rektor UNJA; Dekan Fakultas Sains dan Teknik UNJA, Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T.; Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Sampe L. Purba; Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan; serta perwakilan dari Perusahaan Migas yang ada di Provinsi Jambi (PetroChina, Pertamina Hulu Rokan, MontD’Or, PT SRMD, Repsol, dan Jadestone Energy).

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022