Bahasa Rusia adalah bahasa Slavia yang utamanya dituturkan di Rusia, Belarus, Uzbekistan, Kazakhstan dan Kirgizstan.

Bahasa ini tidak resmi, tetapi juga banyak dituturkan di negara-negara Eropa Timur lain, seperti Ukraina, Moldova, Latvia, Tajikistan, Turkmenistan, Estonia dan negara-negara lain yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Dengan jumlah penutur sebanyak 278 juta jiwa, bahasa Rusia merupakan bahasa terbesar kelima dari segi jumlah penutur nya setelah bahasa Mandarin, Inggris, Spanyol, dan Hindi.

Bahasa ini juga menjadi bahasa resmi PBB dan badan-badan khususnya selain bahasa Arab, Prancis, Mandarin, Inggris, dan Spanyol.

Selain itu, bahasa Rusia juga digunakan sebagai bahasa resmi Persemakmuran Negara-negara Merdeka.

Bahasa Rusia dianggap sebagai salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari oleh penutur asing karena menggunakan alfabet cyrillic yang berbeda dari huruf latin.

Selain itu, bahasa Rusia juga banyak memakai kata konsonan, ejaan, dan pengucapan yang berbeda.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak mungkin bagi Anda untuk mampu fasih dalam berbahasa Rusia. Terlebih pada saat ini terdapat banyak sumber gratis yang dapat dengan mudah untuk diakses.

Berikut adalah sebelas sumber terbaik untuk mempelajari bahasa Rusia.


1. Website

Berikut ini terdapat tiga website dalam bahasa Inggris dan juga Rusia yang dapat digunakan untuk mempelajari bahasa Rusia.

Umumnya, bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa Rusia, menggunakan sumber yang ditulis dengan bahasa Inggris dapat memudahkan pembelajar pemula untuk memahami dasar-dasar bahasa Rusia.

Selanjutnya, untuk tingkat ‘intermediate’ dan ‘advance’, barulah website yang ditulis dalam bahasa Rusia menjadi pilihan yang tepat karena umumnya terdapat pemahaman yang lebih mendetail dan menyeluruh, serta dapat semakin memperkaya kosakata Anda.

Website belajar dalam bahasa Inggris: Open Russian, Learn Russian For Free, dan Master Russian.

Website belajar dalam bahasa Rusia: Russky Info, Sky Mart, dan Uchit’ Russkiy .


2. Aplikasi

Aplikasi belajar yang dapat di-download di ponsel Anda juga merupakan salah satu media pembelajaran bahasa Rusia terbaik.

Aplikasi pembelajaran bahasa tersebut umumnya tidak menghabiskan kuota internet yang signifikan sehingga Anda tetap mampu berlatih pada setiap harinya tanpa perlu khawatir untuk kehabisan kuota internet.

Berikut adalah tiga aplikasi belajar terbaik versi penulis: Duolingo, Pimsleur, dan Babbel.


3. Kursus Online

Selain website dan aplikasi, terdapat pula kursus online yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam berbahasa Rusia.

Terdapat beberapa kursus gratis tetapi umumnya Anda tetap perlu membayar sekitar Rp100 ribu hingga Rp 300 ribu pada kebanyakan pembelajaran dengan durasi yang beragam mulai dari yang hanya beberapa menit hingga 30 jam.

Pembelajaran tersebut dapat diakses melalui link berikut ini: Udemy Russian.


4. Youtube

Bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Rusia, tetapi menginginkan penjelasan dari tiap materi yang dipaparkan dengan ringkas dan mudah dipahami, youtube adalah pilihan terbaik.

Berikut adalah referensi kanal youtube yang dapat Anda pilih: Youtube  About Russian in Russian, Youtube Amazing Russian, dan Youtube Antonia Romaker.

Pada kanal tersebut Anda dapat mempelajari bahasa Rusia mulai dari materi yang paling dasar seperti membaca abjad, menghafal angka, dan ‘grammar’ sederhana hingga materi-materi ‘advance’.

 

5. Podcast

Dengan mendengarkan podcast secara rutin, Anda dapat meningkatkan kemampuan ‘listening skill’ Anda dalam memahami bahasa Rusia.

Berikut adalah tiga referensi podcast untuk mempelajari bahasa Rusia yang dapat membantu Anda untuk memahami tiap-tiap kata dan juga kalimat yang diucapkan oleh penutur asli.

Podcast referensi nya adalah Russian With Max, Slow Russian Podcast, dan Russian Made Easy.


6. Portal Media

Mempelajari bahasa Rusia melalui kanal berita biasanya dilakukan oleh pembelajar pada tingkat ‘intermediate’ yang sudah cukup mampu menghafal ratusan kosakata dan memahami aturan-aturan kebahasaan dalam bahasa Rusia.

Berikut adalah referensi portal media paling terkenal di Rusia yang dapat Anda pilih sebagai referensi memperluas kosakata Anda: TassInterfaks, dan RIA Novosti.

 

7. Kamus

Tidak bisa dipungkiri bahwa kamus merupakan salah satu elemen penting dalam mempelajari suatu bahasa meski pada kemajuan teknologi yang begitu pesat ini, sebagian orang tetap menyukai mempelajari dan memahami kosakata bahasa asing melalui kamus.

Berikut ini adalah referensi kamus bahasa Rusia - Indonesia terbesar dan terlengkap yang pernah ada dengan tebal 1.953 halaman yang ditulis oleh guru besar perempuan pertama di Indonesia untuk bidang linguistik bahasa Rusia, Prof. Dr. Njaju Jenny Malik Tomi Hardjatno.

Berikut adalah penjelasan mengenai kamus tersebut: Kamus Rusia.

 

8. Membaca Karya Sastra

Jika kita berbicara perihal sastra, Rusia sudah tidak diragukan lagi kepopuleran nya. Terutama banyak dari penulis dan hasil karya sastra Rusia yang sangat dihargai oleh dunia bahkan hingga sekarang.

Bagi Anda yang menyukai karya sastra, mempelajari bahasa Rusia melalui penulis-penulis besar Rusia dapat menjadi pilihan terbaik.

Berikut referensi yang dapat penulis berikan: Book Rix, One More Library, dan Russkaya Literatura.

 

9. Film

Film merupakan salah satu industri yang mendapatkan perhatian lebih baik itu dari pemerintah maupun masyarakatnya.

Tidak heran, jika banyak dari film Rusia yang telah memenangi sederet penghargaan bahkan pada kancah internasional.

Berikut adalah referensi film Rusia mulai dari film yang dirilis pada era Uni Soviet hingga era sekarang: All soviet movies on RVISION, Star Media, dan FSUE Mosfilm Cinema Concern.

 

10. Lagu

Bagi sebagian orang, terutama pecinta musik, musik merupakan cara termudah untuk memahami suatu bahasa.

Berikut adalah referensi musik yang dapat Anda gunakan untuk sarana belajar: Top 100 Most Viewed Russian Songs, Russian Top Songs 2022, dan Russian Music.

 

11. Berkomunikasi dengan Penutur Asli

Membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan penutur asli merupakan salah satu cara terbaik untuk mempelajari bahasa.

Bagi Anda yang ingin merasakan berkomunikasi dengan orang Rusia tetapi belum memiliki uang untuk keluar negeri, Anda tidak perlu khawatir.

Saat ini, terdapat banyak sosial media yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan mereka baik itu melalui pesan, telepon, hingga telpon video.

Berikut adalah referensi sosial media yang disarankan oleh penulis: Tandem, Hello Talk, dan Hi Native.  
(dari berbagai sumber)

 

 

Pewarta: Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022