SKK Miga-PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan sebanyak 35 ekor kambing peranakan etawa kepada BUMDES Pujiku Atmoro Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Penyerahan kambing etawa yang digelar pada Sabtu, 8 Oktober 2022 itu dilakukan oleh tim SKK Migas PetroChina yang dikoordinasikan Goverment and Relations Superintendent PetroChina International Jabung Setiandika Priandaru didampingi CSR Spesilist PetroChina Jabung M Yuda Ramdhani kepada Ketua BUMDES Pujiku Atmoro Armansyah.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian atau tindak lanjut dari program Tanjung Jawab Sosial SKK Migas-PetroChina untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatan masyarakat di kawasan atau sekitar lokasi operasional perusahaan migas itu.

Ia menyebutkan, pihaknya menggandeng BUMDES di Desa Terjun Gajah untuk program pengembangan kambing etawa. Sebelumnya PetroChina menggelar pelatihan pengembangan kambing etawa yang digelar pertengahan Agustus 2022 lalu.

Selain itu juga dilakukan pembangunan atau penyiapan kandang, penanaman rumput untuk pakan kambing hingga melakukan kunjungan lapangan ke peternak kambing etawa yang sudah berhasil mengembangkan jenis ternak itu.

"Penyerahan 35 ekor kambing ini, merupakan bagian penting dari program ini. Diharapkan hasilnya bisa bermanfaat dan mendorong perekonomian masyarakat di desa ini, dan bisa terus berkembang," kata Yuda Ramdani.

Kambing yang diserahkan itu terdiri dari tiga ekor jantan dan 32 ekor betina. Selain itu juga diserahkan obat-obatan dan vitamin untuk mendukung kesehatan ternak hingga kesepakatan lahan untuk pakan.

Sementara itu PUI PT SIFAS Universitas Jambi (Unja) Prof Adriani menyebutkan, program itu sangat strategis sebagai pengembangan usaha alternatif bagi masyarakat. Pada gilirannya akan menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat di desa itu.

"Jelas ini sangat strategis sekali, mendorong pendapatan baru bagi masyarakat tanpa mempengaruhi aktivitas mata pencaharian mereka selama ini," kata Adriani.

Tim dari Fakultas Pertanian Jambi akan memberikan pendampingan pemeliharaan kambing etawa itu agar hasil peternakan itu bisa berkembang dan memiliki kualitas yang baik.

Sementara itu Ketua BUMDES Pujiku Atmoro Desa Terjun Gajah Armansyah menyampaikan apresiasi atas bantuan dan fasilitasi dari SKK Migas-PetroChina International Jabung dan pendampingan dari Universitas Jambi dalam program pengembangan kambing etawa yang melibatkan BUMDES yang dikelolanya.

"Ini jelas sebuah program yang sangat membantu kami. Berharap peternakan ini bisa berkembang dan bermanfaat untuk mendorong perekonomian masyarakat. Terima kasih kepada PetroChina International Jabung dan juga tim Unja," kata Armansyah.




 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022