Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari memprediksi curah hujan akan terjadi hingga bulan Desember nanti. 

"Pada dasarnya di bulan Oktober 2022 ini, secara umum wilayah Provinsi Jambi berada dalam periode awal musim penghujan dan perkiraan puncak musim hujan terjadi pada bulan November nanti," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batanghari, Syamral Lubis di Muara Bulian, Jum'at (14/10).

Terutama khususnya di Batanghari, pada bulan Oktober, November dan Desember secara umum akan terjadi hujan dengan curah hujan diperkirakan dalam kategori menengah hingga tinggi.

Melihat kondisi tersebut masih bersifat prediksi, dan mengingat cuaca di Batanghari tidak menentu dan hujan pun tidak merata penyebarannya. 

Bentuk cuaca tersebut berupa curah hujan dengan intensitas deras yang dapat disertai angin kencang dan kilat.

Sementara itu, melihat prediksi tersebut, maka pihak BPBD terus melakukan pemantauan terutama terhadap sungai Batang Hari, di mana kondisinya saat ini sangat pluktuatif, untuk dalam seminggu ini kondisi air naik dan tiga hari berikutnya turun.

Dengan demikian, masyarakat diminta harus waspada terutama terhadap rumah-rumah yang berada di bantaran aliran sungai, dikarenakan bencana longsor dan banjir tidak bisa terduga dan termasuk juga angin puting beliung.

"Untuk masyarakat harus tetap lebih waspada dalam mengantisipasi dampak dari curah hujan tinggi saat ini, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pinggir sungai Batang Hari," ujarnya
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022