Warga Desa Sungai Baung Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari pada Rabu (26/10) tengah malam  menangkap seekor buaya di pinggir aliran Sungai Batanghari.

"Ya, buaya itu tadi malam ditangkap sekitar pukul 24.00 WIB oleh warga," kata Kades Desa Sungai Baung, M Ridwan di Sungai Baung Muara Bulian, Kamis(27/10).

Menurutnya, buaya tersebut ditemukan pertama kali oleh warga yang saat itu sedang  berada salah satu ketek atau perahu  miliknya yang bernama Fahri (67). Ukuran buaya itu sekitar 1,5 meter atau masih berukuran kecil.

Setelah berhasil ditangkap buaya itu diamankan oleh warga sekitar dengan cara di ikat pada bagian mulut dan badannya.

"Buaya tersebut sempat dijadikan tontonan warga sekitar yang penasaran dengan aligator itu," ujarnya

Untuk penemuan buaya di daerah itu merupakan pertama kalinya terjadi dan dikhawatirkan masih banyak buaya berukuran lain yang berkeliaran di sepanjang sungai Batanghari tersebut.

Warga sudah mengontak pemerintah maupun Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDA)  untuk  datang ke lokasi penemuan buaya, untuk dilakukan pengamanan terhadap hewan reptil itu.

Kades Sungai Baung Ridwan memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar agar menjaga anak-anaknya untuk tidak bermain di pinggir sungai Batanghari.

Selain itu debit Sungai Batanghari dalam beberapa hari terakhir meningkat, sehingga muncul buaya yang berkeliaran di pinggir sungai itu.
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022