Taufiq Natogu (Teknik Pertanian), Jenifer Arda Kurnia Mendrofa (Akuntansi), dan Olivia Ardana (Agribisnis) merupakan tiga mahasiswa UNJA yang berhasil meraih Juara 2 National Business Plan Competition – Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan pada acara ‘Gebyar Mahasiswa Wirausaha Nasional (GEMNAS) Batch 5 Business Plan Competition’. Berlangsung di Universitas Negeri Padang, 20-22 Oktober 2022.

Mereka berhasil lolos ke tahap final dan berhadapan dengan 10 finalis presentasi luring di Padang. Hadiah yang didapatkan berupa trofi, uang tunai Rp2,5 juta, dan sertifikat  juara 2 nasional.

Taufiq menceritakan motivasi awal, persiapan yang dilakukan, dan harapannya setelah mengikuti lomba tersebut.

“Motivasinya untuk memperkenalkan potensi Jambi melalui produk yang dibuat, untuk menyebarluaskan informasi produk inovasi yang telah dibuat, dan  mendapatkan pendanaan sehingga dapat membantu berjalannya produk usaha yang telah dibuat," katanya.

Dia menjelaskan,  persiapan sebelum lomba yaitu mempersiapkan produk, proposal usaha, dan materi yang akan dipresentasikan sebaik mungkin. Harapannya, produk inovasi Khunca Mask dapat dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi daya tarik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal melalui potensi Jambi.

“Langkah selanjutnya tim kami akan terus berusaha mengikuti lomba-lomba di bidang bisnis, mengembangkan produk inovasi yang telah dibuat dan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat lokal,” jelas Taufiq.

Dosen pembimbing mereka, Uce Lestari, S.Farm., M.Farm. Apt., memberikan selamat dan berpesan untuk tetap semangat dan solid dalam menjalankan bisnis yang bisa menjadi panutan mahasiswa lainnya.

“Saya ucapkan selamat kepada mahasiswa/i kita Taufiq Natogu, Jenifer Arda Kurnia Mendrofa dan Olivia Ardana yang telah menjuarai National Business Plan Competition – Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan. Dengan adanya penghargaan tingkat nasional yg sangat luar biasa ini, motivasi yang saya berikan semoga dapat menerapkan bisnis yang telah direncanakan tersebut menjadi suatu usaha bisnis yang nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan dan bisa menjadi enterprenueurship yang dapat menunjang visi dan misi Universitas Jambi. Pesan dari kegiatan ini agar tetap semangat, kerja sama tim yang solid, dan mempunyai tekad kuat untuk dapat menjalankan bisnis tersebut dan dapat penjadi panutan bagi adik-adik juniornya, tidak boleh sombong, dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi orang lain,” tutur Uce.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022