Proses tahapan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Batang Hari tahun ini telah bergulir bahkan untuk proses pendaftaran awal seperti yang terdata di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat dan ada 23 bakal calon yang gugur karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan.

"Saat ini sudah tercatat sebanyak 159 orang Bakal Calon Kades yang dinyatakan lulus administrasi," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Aparatur dan Perkembangan Desa DPMB Batang Hari, Edhy Hardjito di Muara Bulian, Rabu.

Sebelumnya pada tahapan pendaftaran bakal calon kades ini tercatat ada sebanyak 182 orang namun 23 orang diantaranya tidak memenuhi syarat kelengkapan administrasi sehingga dinyatakan gugur.

Di Kabupaten Batang Hari ada 24 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di delapan kecamatan dan untuk para peserta terbanyak berada di Kecamatan Maro Sebo Ulu (MSU) dengan jumlah 46 orang, jumlah ini terbilang tinggi sebab ada sembilan desa yang akan menyelenggarakan pilkades di wilayah tersebut.

"Untuk peserta bakal calon kades ini jumlahnya bervariasi di masing-masing desa, mulai dari dua orang bakal calon hingga yang terbanyak delapan calon," kata Edhy.

Sementara itu setelah proses ini ditutup, maka tahapan selanjutnya akan di lakukan penjaringan jadi sudah tentu akan terjadi pengurangan sebab di masing -masing desa jumlah maksimal pesertanya hanya lima orang saja.

Adapun jumlah bakal calon yang lolos ini terdiri dari dua orang lulusan S2, 67 orang lulusan S1, tiga orang lulusan D3, 79 orang lulusan SLTA dan delapan orang lulusan SLTP dengan rincian terdiri dari 145 orang laki-laki dan 14 orang perempuan.



 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022