Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batanghari lakukan serah terima kunci rumah secara simbolis kepada warga yang rumahnya menjadi target program bedah rumah di Kecamatan Pemayung.

Penyerahan kunci dilakukan oleh Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar, Rabu (23/11).

"Dengan terealisasinya bedah rumah ini diharapkan dapat menambah kepercayaan para muzaki untuk selalu membayarkan zakat ke baznas," kata Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar.

Program ini merupakan bentuk perwujudan misi dan tujuan Baznas dalam rangka memaksimalkan pendistribusian dan pendayagunaan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dan dana sosial keagamaan lainnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan umat dan mengurangi kesenjangan sosial.

Wakil Bupati Batanghari berharap ke depannya Baznas Kabupaten Batanghari menjadi yang terdepan dalam ikut program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat di Batanghari.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Batanghari, H Baihaqi mengatakan telah menyiapkan sebanyak delapan rumah setiap Kecamatan yang mana setiap Kecamatan hanya ada satu rumah yang akan di bangun.

Ia menjelaskan, bedah rumah ini di peruntukan bagi warga yang membutuhkan bantuan tersebut dapat mendaftar melalui kelurahan setempat. Namun, tidak setiap pendaftar akan mendapat bantuan.

Untuk itu, tim Baznas akan melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan kondisi rumah, sehingga bantuan dapat tepat sasaran.

"Yang pasti kita cek ke lokasi dan memeriksa rumah serta memastikan legalitas lahan atau bangunannya," katanya

Hingga saat ini, sudah ada enam rumah yang mendapatkan bantuan tersebut di Kabupaten Batanghari, sedangkan untuk dua lagi masih dalam proses pembangunan.

Dengan demikian, kedepannya diharapkan rumah-rumah tersebut dapat lebih layak huni dan aman bagi penghuninya.
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022