Tim Program Inovasi Desa (Pro-IDe) dari organisasi mahasiswa Forum Kajian Islam (FKI) Al-Izzah Fakultas Peternakan Universitas Jambi (UNJA) melakukan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang dimulai dari September hingga November 2022 di Desa Danau Kedap, Muarojambi .

Salah satu kegiatan inovasi yang telah mereka jalani yakni “Penyusunan Ransum Ternak Ayam Kampung Unggul dan Pembuatan Kompos”.


" Tim Pro-IDe FKI juga melaksanakan kegiatan pelatihan “Penyusunan Ransum Ayam Kampung dan Pendampingan Petani untuk Budidaya Ternak Ayam Kampung” yang berlangsung pada 20 November 2022, bertempat di Kantor Balai Desa Danau Kedap," kata Dosen Pembimbing Tim Pro-IDe FKI Ir Wiwaha Anas Sumadja.

Sementara itu salah satu warga bernama Lisa mengatakan kegiatan ini memberikan manfaat bagi mereka.

“Kegiatan ini berguna untuk kami, karena kami tidak tahu cara memberi pakan ayam yang baik dan benar. Biasanya kotoran hewan itu kebanyakan kami buang karena tidak bisa mengolahnya. Dengan diadakannya penyuluhan tentang pakan ayam dan kompos ini sangat berguna untuk kami,” tutur Lisa salah satu warga Desa Danau Kedap. 

Di sela-sela kegiatan juga ada beberapa warga yang bertanya tentang manfaat maupun efektivitas dari pakan maupun kompos tersebut. Kegiatan tersebut berjalan dengan kondusif, banyaknya partisipasi warga dan rasa ingin tahu membuat penyuluhan tersebut menjadi lancar tanpa kendala yang besar.

 Warga desa juga langsung melihat bagaimana cara memberi pakan yang baik serta bagaimana cara mengolah limbah yang efektif untuk dijadikan sumber penghasilan tambahan.

“Pelatihan yang dilakukan merupakan serangkaian kegiatan pendampingan dari adanya kegiatan Pro-IDe yang berada di Desa Danau Kedap,” ujar salah satu mahasiswa Pro-IDe FKI

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022