Pertamina Patra Niaga mengaktifkan 13 SPBU di Jambi untuk beroperasi 24 jam antisipasi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Ada 13 SPBU di Provinsi Jambi yang buka 24 jam di beberapa titik selama periode 15 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023," kata Sales Area Manager Jambi PT Pertamina Patra Niaga Bima Kusuma Aji di Jambi, Selasa (20/12).

Dia menjelaskan bahwa selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 , Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Selatan membentuk tim Satuan tugas (Satgas) yang bertugas untuk pengendalian dan pemantauan kelancaran penyaluran BBM.

"Satgas kita bentuk dan mulai bekerja pada 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2022," katanya.

Adapun 13 SPBU yang buka selama 24 itu yakni Kota Jambi sebanyak lima SPBU Tanjab Timur sebanyak satu SPBU, Batanghari , Tebo, Sarolangun, Bungo sebanyak dua SPBU dan Merangin.

" Ada di wilayah Kota Jambi termasuk Nusa Indah, Batanghari, Simpang Tembesi, Merangin dan di Kabupaten Bungo. Beberapa titik di wilayah ini akan kita buka 24 jam. Bagi SPBU yang membutuhkan, maka akan kita buka 24 jam," katanya menjelaskan.

Selain itu Pertamina juga membuka tiga posko SPBU selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Provinsi Jambi. Tiga posko tersebut yakni di SPBU Nusa Indah Kota Jambi, SPBU Simpang Tembesi dan SPBU di Merangin.

"Tim satgas memantau ketersediaan dan kebutuhan BBM selama Natal dan Tahun Baru," katanya menjelaskan.

Pertamina juga menambahkan extra fooding bagi operator di setiap SPBU mengingat para petugas akan bekerja lebih ekstra selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Jadi kita berikan extra fooding seperti susu, roti hingga vitamin agar para operator bisa bekerja maksimal dan kesehatan bisa terjaga dengan baik," terangnya.

Dia menambahkan bahwa selama periode itu, stok BBM di wilayah Provinsi Jambi hingga saat ini aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selama periode tersebut, PT Patra Niaga juga menambah pasokan BBM ke SPBU dan pasokan elpiji di Jambi. Ini karena selama Natal dan Tahun Baru, kebutuhan masyarakat akan BBM dan gas elpiji tiga kilogram akan terus bertambah.

Sementara itu, untuk pasokan Pertalite ke SPBU akan ditambah sebanyak 6,8 persen dari awalnya 1.183 KL per hari menjadi 1.262 KL per hari.

Pasokan solar ke SPBU juga ditambah sebanyak 9,3 persen. Dimana sebelumnya rata rata 948 KL per hari menjadi 1.036 KL per hari. Begitu juga untuk gas elpiji tiga kilogram ditambah sebanyak 8,2 persen. Dimana sebelumnya 7.032 metrik ton per bulan menjadi 7.602 metrik ton per bulan.

"Kita akan terus melakukan penambahan stok sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Pertamina juga menambah jumlah mobil tangki selama periode itu. Untuk wilayah Provinsi Jambi, penambahan sebanyak 13 unit mobil tangki. Dimana sebelumnya ada sebanyak 65 unit mobil tangki ditambah menjadi 78 unit mobil tangki.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022