Dinas Kesehatan Kota Jambi memastikan kesiapan melakukan vaksinasi COVID-19 untuk bayi usia enam bulan hingga empat tahun jika vaksin tersebut sudah tersedia di daerah setempat.

"Sekarang vaksinnya belum datang, setelah datang kita langsung gerak melaksanakan vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Ida Yuliati di Jambi, Selasa.

Ia menyatakan tidak ada persiapan khusus untuk pelaksanaan vaksinasi itu, pasalnya kegiatan itu sudah rutin dilakukan di puskesmas atau melalui Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Tidak ada persiapan khusus karena kegiatan vaksinasi sudah menjadi rutinitas. Selama ini ada BIAS yang dilakukan atau vaksinasi lainnya di puskesmas, hanya saja nanti berubah jenis vaksinnya," katanya.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi bayi enam bulan hingga empat tahun akan dilaksanakan di setiap puskesmas.

"Intinya begini, jika vaksinnya sudah datang puskesmas siap langsung laksanakan," katanya.

Izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin virus corona penyebab COVID-19 untuk anak enam bulan hingga empat tahun telah resmi dikeluarkan BPOM.

Berdasarkan data Pemerintah Kota Jambi total capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu hingga 2 Januari 2023 tercatat 460.139 orang dari total jumlah warga setempat 621.365 orang.

Uuntuk usia 12-17 tahun capaian vaksinasi 59.400 orang, usia 18 tahun ke atas 400.739 orang, anak usia 6-11 tahun untuk vaksinasi pertama 53.034 orang atau 87 persen dan vaksinasi kedua mencapai 41.382 orang atau 68 persen.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023