Serikat Media Siber Ingonesia (SMSI) Provinsi Jambi mengapresiasi ekspedisi Milir Merakit di Sungai Batanghari, 30 Desember 2022 hingga 6 Januari 2023.

Ketua SMS Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa di Jambi Rabu mengajak menjaga Sungai Batanghari melalui Ekpedisi Milir Merakit yang diselenggarakan Yayasan Sahabat Sungai Batang Hari (YSSB). Kali ini mengusung tema "Untuk Membangkitkan Kembali Sungai Batanghari" dan mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak tidak terkecuali insan pers.

"SMSI Jambi menyambut baik ekspedisi Milir Merakit yang berlangsung enam hari dengan rute ekspedisi mulai dari Sungai Tembesi Sarolangun, tepatnya di depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun hingga berakhir di Sungai Tembesi di Kota Jambi, tepatnya di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Akhir  kegiatan ini bersamaan dengan HUT Provinsi Jambi ke-66, 6 Januari 2023


Dalam ekspedisi ini melibatkan banyak pihak antara lain  mahasiswa, pencinta alam bahkan peneliti. Hal ini menjadi berharga ketika ada tim peneliti karena akhir dari ekspedisi tentunya akan menjadi catatan yang penting bagi pemerintah, itu sangat berarti dalam mengambil kebijakan terkait Sungai Batanghari di masa mendatang.

Mukhtadi juga mengatakan dengan keterlibatan mahasiswa di Ekspedisi Milir Merakit tentu dapat menanamkan rasa kecintaan serta memiliki dan mahasiswa pencinta alam yang turut serta diharapkan dapat tertanam rasa kecintaan serta rasa memiliki dan intinya kita sebagai warga Provinsi Jambi, mari kita jaga bersama sungai Batanghari karena sungai itu nadi kehidupan.

Sementara itu Sigit Eko Yuwono sebagai Ketua Panitia Milir Merakit menjelaskan, pada ekspedisi kali ini ada sebanyak 17 rakit yang terdiri dari 15 rakit disediakan oleh YSSB dan dua rakit swadaya masyarakat Sarolangun sudah mengarungi sungai dimana satu rakit ada yang berisikan 6-7 penumpang, yang terdiri dari peneliti, Mapala, mahasiswa, dan juru mudi.

Dalam penjelasannya Sigit membeberkan tujuan kegiatan Milir Merakit untuk membangkitkan kembali kecintaan masyarakat Jambi terhadap sungai Batanghari.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023