Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jambi belum memiliki dokter spesialis penyakit tertentu yang memadai sehingga pasien sering kesulitan saat berobat dan harus dirujuk ke luar provinsi.

Salah seorang keluarga pasien talasemia atau  kelainan darah, Sukaisih warga Kota Jambi, Senin, mengatakan saat ini belum ada dokter spesialis hematologi atau hematolog di daerah tersebut sehingga ia harus merujuk pengobatan anaknya ke rumah sakit di Palembang, Padang dan Jakarta.

Sedangkan untuk diagnosa pertama pasien harus dilakukan oleh hematolog.

"Di Jambi tidak ada dokter untuk penyakit kelainan darah, seperti talasemia, hemofilia dan leukemia," kata dia.

Jika harus dirujuk ke rumah sakit luar kota, maka  akan memakan waktu. Setidaknya, untuk mendapatkan hasil pemeriksaan dokter spesialis hematologi memakan waktu satu minggu.

Lamanya proses pemeriksaan tersebut menyebabkan keluarga pasien harus mengeluarkan biaya yang besar untuk akomodasi dan lainnya.

"Miris kalau untuk pasien yang tidak mampu," katanya.

Selain tidak adanya hematolog, ia juga mengeluhkan sarana dan prasarana yang tidak tersedia untuk pemeriksaan laboratorium cek feritin,  yaitu sejenis protein dalam tubuh yang berfungsi mengikat zat besi. 

Selama ini, ia melakukan pengecekan feritin ke laboratorium milik swasta.

Ia berharap ke depan persoalan belum memadainya dokter spesialis ini dapat teratasi sehingga pasien tidak perlu dirujuk ke RSUD lain.

Sementara itu, warga lainnya,  Rendra asal  Muarojambi juga merasakan kesulitan mengakses dokter kandungan ahli fetomaternal.

Ia pernah harus merujuk istrinya ke RS di Palembang karena diduga adanya kelainan pada janin.

"Cuma ada satu ahli fetomaternal itu di Jambi sehingga tidak ada 'second opinion' tapi alatnya juga tidak ada untuk mengecek sehingga kami harus merujuk ke Palembang," katanya.

Ia menjelaskan, saat pemeriksaan di Palembang hasilnya tidak ada kelainan pada janin.

Ia berharap, ke depan semakin banyak dokter spesialis di Jambi dan merata sehingga pasien juga bisa mendapatkan opini dokter lainnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter spesialis di RSUD Jambi belum memadai

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023