Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir menjanjikan kuota perempuan di organisasi sepak bola itu hingga 20-25 persen karena menilai kehadiran perempuan akan membawa perubahan positif.

"Saya usulkan keterwakilan perempuan di sepak bola itu 20-25 prsen. Kenapa kita tidak coba wasit perempuan, toh ada polisi dan TNI perempuan," kata Erick setelah terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Ketertarikan Erick untuk memberikan ruang ke perempuan ini berlandaskan pengalamannya mengelola organisasi di bidang lain, yang mana setelah ia mendorong kepemimpinan perempuan justru terjadi perubahan positif yang luar biasa.

Ia pun tak segan untuk dilakukan perubahan dalam statuta FIFA terkait keterwakilan perempuan karena sejauh ini hanya mengharuskan ada satu kuota perempuan sebagai Anggota Exco.

Sementara Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mana Erick menjadi salah satu anggotanya justru sudah memberikan kuota hingga 30 persen untuk perempuan.

"Artinya harus diperbaiki, ini bukan salah dan benar. Ini buatan manusa, dan kita harus beradaptasi," kata dia.

Selain akan memberikan ruang lebih banyak ke perempuan, Menteri BUMN ini juga akan melakukan hal serupa bagi kalangan muda.

"Kita harus memberikan banyak kesempatan kepada yang muda-muda, senior jadi pendorong dan mentor dan ujung tombak anak muda," kata dia.

Menurutnya ini sangat penting sehingga Erick akan membuat konsep mengenai transformasi sepak bola Indonesia dengan pondasi yang kuat, bukan sekadar mimpi.

Menteri BUMN Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Kamis (16/2), setelah meraih suara terbanyak dari tiga kandidat lainnya  AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Arif Wicaksono dan Doni Setiabudi.

Anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional FIBA tahun 2019 - 2023 ini mengumpulkan suara terbanyak dari 86 voters dibandingkan kandidat ketua umum lainnya. Hasil akhirnya menempatkan AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meraih 22 suara, dan dua kandidat lainnya tak mendapatkan suara.

Dalam kepengurusan terbaru PSSI, Erick sudah diperkuat salah seorang srikandi sepak bola Ratu Tisha sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, yang sebelumnya sempat menjadi Sekjen PSSI era periode 2017-2020.


Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023