Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan titik koordinat lokasi jatuhnya helikopter yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta tujuh orang lainnya, Minggu, dapat diketahui dengan pasti berada di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Listyo di Jakarta mengatakan informasi itu dapat diperoleh lantaran delapan korban kecelakaan masih bisa berkomunikasi menggunakan telepon seluler.

Untuk itu, Tim evakuasi menggunakan dua helikopter untuk menyelamatkan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta tujuh kru helikopter lainnya setelah terjatuh di kawasan perbukitan Kabupaten Kerinci sekitar pukul 11.00 WIB, Minggu.

Upaya penyelamatan melalui udara itu lantaran helikopter jatuh di kawasan hutan perbukitan, yang sulit dijangkau melalui perjalanan darat.

“Saat ini sudah dikirim tim untum evakuasi menggunakan dua helikopter,” kata Kapolri.

Baca juga: Tim evakuasi belum bisa jangkau Kapolda Jambi di perbukitan Kerinci hingga Minggu sore

Selain itu, juga dilakukan upaya penyelamatan melalui darat dengan mengirimkan personil Brimob yang berkemampuan SAR.

Tim ini juga dibantu masyarakat dan para pencinta alam.

Helikopter itu berangkat dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan Kerja pada pukul 09.25 WIB.

Kapolda Jambi beserta rombongan terbang ke lokasi tersebut untuk meresmikan Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wapres Jusuf Kalla di Kerinci.

Pada pukul 11.02 WIB, Posko Polda Jambi mendapat laporan dari kru bahwa Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 diperkirakan jatuh di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63”, tepatnya di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, dengan penyebab karena cuaca buruk.

Baca juga: Kronologis helikopter Kapolda Jambi jatuh di Kerinci

Baca juga: Evakuasi penumpang helikopter jatuh di Kerinci terkendala hujan

Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023