Wakil Bupati Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Nilwan Yahya melobi Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia untuk mendapatkan bantuan program Kampung Perikanan Budidaya Maggot 2023 di Jakarta, Kamis (2/3).

Nilwan berkoordinasi dan berkonsultasi terkait bantuan tersebut yang mendapatkan tanggapan positif dari jajaran Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP.

"Merangin menjadi kabupaten percontohan budidaya maggot di Provinsi Jambi. Sudah banyak kabupaten lain, baik dari Provinsi Jambi maupun dari luar Jambi yang melakukan studi tiru ke Merangin,"ujarnya

Wabup menjelaskan, tidak ada salahnya bila Merangin jemput bola untuk mendapatkan bantuan tersebut.
 
Maggot atau dalam penyebutan lain disebut dengan belatung merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin.

Maggot ini merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya berasal dari telur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa. Tubuh maggot berwarna hitam dan sekilas mirip dengan tawon. 

Keunggulan maggot atau belatung sebagai bahan baku pakan ikan mandiri, diyakini merupakan salah satu inovasi yang layak dikembangkan oleh berbagai pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023