Jumlah penumpang di Pelabuhan Roro Kualatungkal, Provinsi Jambi, menembus 1.139 orang, Rabu, atau H-3 menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah, memanfaatkan kapal KM Satria Pratama tujuan Batam - Jambi.

Kasat Pol Air Polres Tanjab Barat Kompol Saiful di Jambi, Rabu, mengatakan peningkatan terjadi cukup signifikan dibandingkan hari sebelumnya dimana untuk hari ini jumlah penumpang mencapai 983 orang dengan total penumpang sampai saat ini mencapai 1.139 orang.

Sementara itu untuk kendaraan pribadi yang dibawa para penumpang sebanyak 10 unit sepeda motor, 31 mobil pribadi dan satu unit truk box dengan total muatan mencapai enam ton.

Sementara itu, Koordinator Pelabuhan Roro Kualatungkal, Abdi mengatakan lonjakan penumpang kedatangan dari Batam dan sekitar di hari ini sudah mencapai 100 persen dari hari biasanya 
sedangkan untuk keberangkatan masih terlihat normal seperti hari biasa.

Untuk puncak mudik terjadi pada H-3 Lebaran karena di hari itu semua instansi sudah menerapkan libur bersama Lebaran.

"Kemungkinan besok penumpang pasti melonjak," kata dia. 

Sedangkan Tim Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) tetap melakukan pengamanan setiap kapal yang masuk dan melakukan pemeriksaan barang bawaan para penumpang di Pelabuhan Roro, Kualatungkal.

"Kami tetap melakukan pemeriksaan setiap pemudik yang kapalnya bersandar di pelabuhan Roro maupun LLASDP dan pemeriksaan dilakukan untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan di momentum mudik," kata Kompol Saiful.

Polisi tetap mengantisipasi untuk mencegah ancaman keamanan dengan melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan dan barang-barang bawaan.

Upaya ini juga guna mencegah masuknya terorisme serta paham radikal dan tindak pidana penyalahgunaan narkoba serta tindak pidana tertentu lainnya.

Pengamanan arus mudik kali ini dilakukan kepolisian dengan melibatkan tim gabungan dari Polsek KSKP, Polairud Polda, Bea Cukai, TNI AL, TNI AD, Dishub KPLP dan tim kesehatan pelabuhan.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023